Analisis Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Terjadinya Piutang Tak Tertagih Pada PT. PLN (Persero) WS2JB UP3 Palembang

Emma Lilianti, Reva Maria Valianti, Shindy Pratiwi

Abstract


Piutang tak tertagih yang terjadi pada PT.PLN (Persero) WS2JB UP3 disebabkan oleh faktor internal. 1) Kurang tepatnya analisis berdampak pada ketidakmampuan perusahaan memprediksi apa yang akan terjadi dalam kurun waktu selama jangka waktu piutang. Lemahnya pengendalian sistem adminitrasi jual beli tenaga listrik meliputi tahap permohonan pasang baru, tahap perjanjian jual beli tenaga listrik dan tahap survey. 2) Lemahnya pengendalian internal piutang, kebijakan PT. PLN dalam pemberian sanksi kepada pelanggan yang menunggak kurang tegas. Tidak terwujud komunikasi dua arah antar petugas lapangan (petugas pasang baru dan petugas bongkar rampung). 3) keterbatasan pengetahuan staf  bagian piutang, yang diakibatkan penempatan kerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan pegawai. Faktor eksternal yaitu 1) Unsur kesengajaan pelanggan tidak membayar, pihak PLN melihat bahwa usaha atau keadaan keuangan pelanggan terlihat baik dan lancar tetapi pelanggan tidak mempunyai keinginan untuk membayar kewajibannya, atau dalam hal ini pelanggan beritikad tidak baik dan sengaja untuk tidak membayar atau melunasi kewajiban tunggakannya, karena tungggakan tersebut bernominal sangat besar. 2) Kemampuan pelanggan terbatas, menurunnya kondisi keuangan pelanggan yang diakibatkan karena besarnya pengeluaran pelanggan dibanding dengan pendapatan. 3) Perusahaan pelanggan tidak dapat bersaing dipasar menyebabkan beberapa perusahaan yang tutup sehingga PT. PLN tidak dapat melakukan penagihan piutang. 4) Perubahan kebijakan dan peratuan pemerintah, hal ini juga berpengaruh terhadap penyebab piutang tak tertagih pada PT. PLN (Persero), seperti Perubahan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan pencabutan subsidi terhadap pelanggan. 5) Bencana alam yang dapat merugikan pelanggan, bencana alam yang tidak dapat diprediksi.

 

Kata kunci: faktor internal, faktor eksternal, piutang tak tertagih

Full Text:

PDF

References


Dahlia, dkk. 2018. Pengaruh Faktor Eksternal terhadap Piutang Tak Tertagih pada Koperasi Guru Rambate Rata (KGRR) Tinambang Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal JEPA. Vol 1 No.1 Oktober 2018.

Hery. 2016. Akuntansi Aktiva, Utang dan Modal. Yogjakarta: Gava Media.

Ismail. 2011. Manajemen Perbankan dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Joecardie. 2012. Arus Listrik. (http://joecardi. Blogspot.com, html diakses 16 Maret 2019)

Kalensun, Ignatius.2016. Pengaruh faktor Eksternal dan Internal terhadap Piutang tak Tertagih pada PT. Asia Tenggara Murni Manado. Jurnal Manajamen dan Bisnis Vol.1 No.2 Tahun 2016

Martani, Dwi dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat

Rivai, Veitzhal, dkk. 2013. Manajemen Perbankan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Jakarta

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan, Jakarta: Erlangga

Saputra, Zandra. 2015. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Piutang tak Tertagih dalam Pemberian Kredit pada Bank Mandiri Syariah Cabang 16 Ilir Palembang. Diakses dari: respotory.um-Palembang.ac.id (online)

Sari, Lutfi Arsyi Arrum. 2015. Analisis Penyebab Terjadinya Piutang tak Tertagih pada PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang. Diakses dari: https://lib.Unnes.ac.id (online)

Sugiyono. 2107. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D Bandung: Alfabeta.

Wahyusetya. 2011. Kelistrikan (www.academia.edus/44867/PT.PLN (Persero), html diakses 16 April 2019.

Warren, Carl, dkk. 2015. Principle of Accoanting- Indonesia Adaptation. Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.