Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan Yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2017

Authors

  • Feronika Rosalin

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v1i2.3532

Abstract

Kebijakan dividen merupakan salah satu fungsi manajemen keuangan, yaitu menentukan berapa banyak dari laba bersih yang akan didistribusikan sebagai dividen dan berapa banyak laba yang akan ditahan. Jumlah arus kas yang berasal dari aktivitas operasi perusahaan merupakan jawaban, apakah kegiatan operasi perusahaan menghasilkan arus kas yang cukup untuk membayar dividen atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji F (secara simultan) bahwa terbukti terdapat pengaruh variabel independen (laba bersih dan arus kas operasi) terhadap variabel dependen (kebijakan dividen), sedangkan pada hasil uji t  (secara parsial) diperoleh kesimpulan bahwa 1. Laba bersih berpengaruh terhadap kebijakan dividen, 2. Arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen.

 

Kata Kunci : Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Kebijakan Dividen

References

Brigham & Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat.

Brigham & Houston. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 2 Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat

Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Investasi Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Hery. 2012. Pengantar Akuntansi II. Jakarta : Bumi Aksara.

Irawan & Nurdhiana. 2010. Pengaruh laba bersih dan arus kas operasi terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2009-2010. Semarang : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Bumi Aksara.

Manurung, Indah Agustina. 2009. Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Operasi Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Noviyanto, A. 2016. Pengaruh laba bersih, arus kas operasi dan likuiditas terhadap kebijakan dividen. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyatno, Duwi. SPSS 22 : Pengolah Data Terpraktis. Jakarta : Andi.

Rodoni, Ahmad., Ali, Herni. 2014. Manajemen Keuangan Modern. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Sitanggang, J.P. 2013. Manajemen Keuangan Perusahaan Lanjutan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Syahrial, Dermawan., Purba, Djahotman. 2013. Analisis Laporan Keuangan Cara Mudah Dan Praktis Memahami Laporan Keuangan. Jakarta : Mitra Wacana Media

Tan & Linuwih. 2013. Prediksi laba bersih dan arus kas operasi terhadap dividen badan usaha sektor manufaktur di BEI periode 2008-2011. Surabaya: Fakultas Bisnis Dan Ekonomika.

Downloads

Published

2019-03-01