Analisis Aspek Permodalan Pada Koperasi Multi Kharisma Banyuasin

Authors

  • Totok Sudiyanto

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v1i2.3536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja Aspek Permodalan  pada Koperasi Multi Kharisma Banyuasin tahun 2014-2018. Dalam hal ini laporan keuangan merupakan hal penting sebagai tolak ukur dan sebagai pemberi informasi keuangan dalam penilaian kinerja aspek permodalan, apabila aspek permodalan dinilai dalam keadaan buruk maka dapat dinilai secara keseluruhan bahwa permodalan  koperasi sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat atau di bawah standar. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data sekunder, dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan studi kepustakaan, serta menggunakan metode penelitian kualitatif,sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif  kualitatif, dimana data yang diperlukan di analisis lalu kemudian hasil analisis tersebut di deskripsikan dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian dan pembahasan yang di lakukan terhadap aspek permodalan pada Koperasi Multi Kharisma Banyuasin pada tahun 2014-2018 berada dalam kategori sehat. Penulis menyarankan untuk tetap mempertahankan dan menjaga keseluruhan nilai modal  koperasi agar  nilai  modal  koperasi tetap lebih besar dari jumlah keseluruhan  total aset maupun total  pinjaman berisiko yang diberikan oleh koperasi.

 

Kata Kunci : laporan keuangan dan kinerja aspek permodalan

References

Fahmi, Irham 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Hendri. 2014. Analisa Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Koperasi Pegawai Negeri Pagar Bunga Ngulak Kabupaten Musi Banyuasin. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang (tidak untuk dipublikasikan).

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit: CAPS. Yogyakarta.

Horne, Van. 2012. Financial Management and Policy,Twelve Edition.Pravtic Hall International Inc. London.

IAI. 2013. Standar Akuntansi Keuangan Tanpa Entitas Publik (SAK ETAP).Penerbit : IAI. Jakarta.

IAI Sumsel. 2012. Pengantar Akuntansi berbasis SAK ETAP. Penerbit : IAI. Palembang.

Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit : Bumi aksara. Jakarta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit : PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. 2008. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah No.20/PER/M.KUKM/XI/2008 tentang Pedoman Penilaian Koperasi Simpan Pinjam.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. 2012. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah No.4/Per/M.KUKM/VII/2012 tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi.

Munawir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit : Liberty. Yogyakarta.

Republik Indonesia. 1992.Undang-undang No. 25 tahun 1992 tentang Koperasi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian. Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Sjahrial, Dermawan. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit : Mitra Wacana Media. Jakarta.

Turi, La Ode, 2014.Akuntansi Koperasi Suatu Tinjauan Konsep dan Aplikasinya, Penerbit : Unhalu Press. Kendari.

Warda, Novida. 2016. Analisis Kinerja Keuangan pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. E-Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Riau (tidak untuk dipublikasikan).

Downloads

Published

2019-03-01