Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Entin Rukmana
  • Edduar Hendri
  • Rismansyah Rismansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i1.5216

Abstract

ABSTRACT

 

The purpose of this study is to examine the effect of profitability and company size on disclosure of corporate social responsibility (CSR) in mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) for the period 2016-2018. The population in this study were mining companies listed on the IDX for the 2016-2018 period which consisted of 47 companies, of which 15 companies were taken as many as 15 companies that met the criteria to be used as research samples with 3 periods of research years (15x3) resulting in 45 research data. . The data analysis technique used is descriptive statistical analysis, multiple regression analysis by first doing the classical assumption test consisting of normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test and autocorrelation test. The results showed that partially profitability did not have a significant effect on CSR disclosure. Company size partially does not have a significant effect on CSR disclosure. Profitability and company size simultaneously do not have a significant effect on CSR disclosure.


Keywords: Profitability, Company Size and Corporate Social Responsibility (CSR).

 

 

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2016-2018 yang terdiri dari 47 perusahaan, dari 47 perusahaan diambil sebanyak 15 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel penelitian dengan 3 periode tahun penelitian (15x3) sehingga menghasilkan data sebanyak 45 data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.Hasil penelitian menunjukkan Profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.Ukuran Perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.Profitabilitas dan Ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.

 

Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Corporate Sosial Responsibility (CSR).

References

Amrina, Rosyada dan Astrina Fenty. 2018. “Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pda Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiaâ€. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Akuntansi.

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo.

Hery. 2017. Teori Akuntansi. Jakarta: PT Gramedia.

Mardikanto, Totok. 2018. Corporate Social Responsibility. Bandung: Alfabeta.

Prakasa, Sila dan Astika, Ida Bagus Putra. 2017. “Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajemen Pada Corporate Social Responsibility Disclosure Perusahaan Pertambanganâ€. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.Volume 18, Nomor 1, 2017.

Priyatno, Duwi. 2018. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Putri, Rindu Kurnia. 2017. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Basis Kepemilikan terhadap Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Pertambangan yang Tedaftar di BEIâ€.Jurnal JOM Fekon.Volume 4, Nomor 1, 2017.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, Wiratna. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sulthony, Z. M., Adi, S.W. 2019. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI Periode 2014-2016)â€. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2020-09-01