Analisis Sistem dan Prosedur Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palembang

Authors

  • Hamzani Hamzani
  • Muhamad Aryo Arifin
  • Panca Satria Putra

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i2.5490

Abstract

ABSTRACT

 

This study aims to find out how the system and procedures for receiving local revenue are carried out at the Regional Financial and Asset Management Agency of Palembang City. Systems and procedures are stages or revenue streams from data collection to data processing with regional financial management guidelines and government regulations applied so that they can be assessed whether they are appropriate or not.The data that are managed in this study are the systems and procedures for receiving original local revenue that are in the financial management agency and the regional assets of Palembang. Data analysis and discussion were carried out with a descriptive qualitative analysis method, namely by collecting and analyzing theories from various sources and experts as literature, so that these theories were linked to applications that have been applied to the Regional Financial and Asset Management Agency of Palembang City in the admission process.

 

Keywords: System, Procedure, PAD.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem dan juga prosedur penerimaaan pendapatan asli daerah yang dilaksanakan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palembang. Sistem dan prosedur adalah tahapan atau alur penerimaan pendapatan dari pengumpulan data hingga proses data dengan pedoman pengelolaan keuangan daerah dan peraturan pemerintah yang diterapkan sehingga dapat dinilai apakah sudah sesuai atau belum. Data yang dikelola dalam penelitian ini adalah sistem dan prosedur penerimaan pendapatan asli daerah yang ada di badan pengelolaan keuangan dan aset daerah kota Palembang. Analisis data dan pembahasan dilaksanakan dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan pengumpulan dan menganalisis teori dari berbagai sumber dan para ahli sebagai literatur, hingga teori-teori tersebut dikaitkan dengan penerapan yang telah diterapkan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palembang dalam proses penerimaannya.

 

Kata kunci: Sistem, Prosedur, PAD.

References

Diana, Setiawati. 2011. Sistem informasi akuntansi, perancangan, prosedur dan penerapan. Andi Yogyakarta: Yogyakarta.

Dewi, Irra Crisyanti. 2011. Pengantar ilmu administrasi. PT. Prestasi pustaka raya: Jakarta

Erlina, Omar Sakti, Rasdianto. 2015. Akuntansi keuangan daerah berbasis akrual. Salemba empat: Jakarta.

Halim, Abdul. Iqbal. 2012. Pengelolaan keuangan daerah. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Mahmudi, 2011. Akuntansi sektor publik. UII Press: Yogyakarta.

Mulyadi, 2013. Sistem akuntansi. Salemba empat: Jakarta.

Raisa, Julie, harjanto. 2015. Analisis penerimaan pendapatan asli daerah pada dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan aset daerah kabupaten sitaro, (online), (http//ejournal.unsrat.ac.id)

Sugiyono, 2012 . Metode penelitian bisnis. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono, 2015. Metode penelitian bisnis. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2021-04-01