Analisis Penerapan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Pada KPP Pratama Seberang Ulu

Authors

  • Kristin Pertiani
  • Hendry Saladin
  • Jusmani Jusmani

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i2.5491

Abstract

ABSTRACT

 

This research aims to analyze how the application of the modernization of the tax administration system at the Seberang Ulu Primary Tax Service Office. This research uses descriptive research, using descriptive qualitative data analysis methods. Data collection techniques used in this study are interviews, observation, and documentation. The results of the discussion can be seen that the application of the modernization of the tax administration system at the Seberang Ulu Primary Tax Service Office is considered to have been very effective, this can be seen from the changes that have been made Seberang Ulu Primary Tax Service Office, namely: 1) In its organizational structure, Seberang Ulu Primary Tax Service Office has change, namely an organizational structure that has been oriented to function, has implemented one-stop service through a representative account. 2) In its organizational procedures, Seberang Ulu Primary Tax Service Office has carried out modernization, namely Simplifying administrative procedures and improving the time and quality standards of tax services and audits, The use of modern information technology in providing services, supervision, auditing and tax collection, the implementation of automated inspection by utilizing workflow management in SAPT. 3) On the strategy of the organization has carried out modernization by implementing tax information dissemination and campaigning, Simplifying tax administration, Carrying out personnel training methods and excellent service techniques. 4) The organizational culture has implemented modernization, namely the application of a code of ethics, qualified and professional human resources.

 

Keywords: Modernization of Tax Administration System.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa cara penerapan modernisasi sistem administrasi perpajakan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Seberang Ulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif. Tektik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pembahasan dapat diketahui bahwa penerapan modernisasi sistem administrasi perpajakan pada “Kantor Pelayanan Pajak Pratama Seberang Ulu†dinilai telah sangat efektif, hal ini dapat dilihat dari perubahan-perubahan yang telah dilakukan “KPP Pratama Seberang Ulu†yaitu: 1) Pada struktur organisasinya KPP Pratama Seberang Ulu telah mengalami perubahan yaitu struktur organisasi yang telah berorientasi pada fungsi, telah menerapkan pelayanan satu pintu melalui account repsentatif. 2) Pada prosedur organisasinya KPP Pratama Seberang Ulu telah melakukan modernisasi yaitu Penyederhanaan prosedur administrasi dan peningkatan standar waktu dan kualitas pelayaanan dan pemeriksaan pajak, Penggunaan teknologi informasi modern dalam memeberikan pelayanan, pengawasan, pemeriksaan dan penagihan pajak, diberlakukannya otomatis pemeriksaan dengan menfaatkan workflow management dalam SAPT.  3) Pada strategi organisasi telah melakukan modernisasi dengan menerapkan Sosialisasi dan kampanye perpajakan,  Penyederhanaan administrasi perpajakan, Melaksanakan pelatihan tenaga metode dan teknik pelayanan prima. 4) Pada budaya organisasi telah menerapkan modernisasi yaitu penerapan kode etik, Sumberdaya manusia yang berkualitas dan PROPESIONAL.

 

Kata Kunci: Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan.

References

AnnuallReportlDirektoratlJendrallPajakldiaksesl14lJunil2020

Detiyani, Depi. 2014. PengaruhlModernisasilAdministrasilPerpajakan terhadap PencapaianlAkuntabilitaslKantorlPelayanlPajakl(KPP) Pratamal (Studi Kasusx dix KPPx Pratama xMuara xTeweh). Yogyakarta:lUniversitaslSanta Dharma.

http://Kpppsu.pajak.go.id/ldiakses 16 Juni 2020

Mardiasmo. 2018.lPerpajakan. Yogyakarta: Andi.

Maria, Deli. 2013. Pengaruh Organisasi Sistem Administrasi Perpajkan Tehadap Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol. 01 No. 01, Maret 2013.

Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi & Reformasi Pelayanan Perpajakan. Jakarta: PT. Elexl Medial Komputindo (Kelompok GRAMEDIA).

Rahayu,xSitixKurnia. 2017. Perpajakanx(KonsepxdanxAspekxFormal). Bandung: RekayasacSains.

Rahmadhani, Zakia. 2013. Sensus Pajak dalam Reformasi Administrasi Perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama pekanbaru Tampan.Riau: UniversitaslIslamlNegerilSultanlsyariflKasimlRiau.

Rianse, Usman dan Abdi. 2012. Metode Penelitian Sosial dan ekonomi (Teori dan Aplikasi). Bandung: Afabeta.

Suandy, Erly. 2014. Hukumxpajak. Jakarta: Salembaxempat.

Sugiyono. 2017. MetodelPenelitianlKuantitatif, KualitatifldanlKombinasi (Mixed Methods).Bandung:lAlfabeta

www.pajak.go.id diakses 16 Juni 2020

Downloads

Published

2021-04-01