Analisis Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Harga Jual Pada PT Ultra Milk Jaya Industri Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Teti Purnama Sari
  • Reva Maria Valianti
  • Muhamad Aryo Arifin

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i2.5496

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the extent to which production costs affect the selling price. The methodology used in this research is PT Ultra Milk Jaya IndustriTbk. Data collection methods used are literature study methods and documentation methods. The population used in this study is PT Ultra Milk Jaya Industri, Tbk, the sample used in this study is the PT Ultra Milk Jaya IndustriTbk Production Cost Report 2014-2018. While the data analysis method used is descriptive qualitative method using simple linear regression analysis using the SPSS 22 tool. From the research results obtained by a simple linear regression equation, it can be seen that production costs have a large (positive) effect on selling prices. This can be shown from the regri equation Y = 4.4E + 12 + 3.087 which means that any increase in production costs will be followed by an increase in selling prices, on the other hand, if production costs decrease, it will also be followed by a decrease in selling prices. The effect of production costs on selling prices in this study amounted to 80.5% and the remaining 19.95% was influenced by other factors such as competition in the market and consumer tastes.

 

Keywords: Production Costs and SellingPrices.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk sejauh mana biaya produksi berpengaruh terhadap harga jual. Metodelogi yang digunaksan dalam penelitian ini adalah  PT Ultra Milk Jaya Industri Tbk. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah PT  Ultra Milk Jaya Industri, Tbk, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Laporan Biaya Produksi PT Ultra Milk Jaya Industri Tbk tahun 2014-2018. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis Regresi linier sederhana dengan menggunakan alat bantu SPSS 22. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa biaya produksi memiliki pengaruh yang besar (Positif) terhadap harga jual. Hal ini dapat ditunjukan dari persamaan regri Y= 4,4E+12 + 3,087 yang memiliki arti bahwa setiap kenaikan biaya produksi akan diikuti pula dengan kenaikan harga jual, sebaliknya jika biaya produksi menurun akan diikuti pula dengan penurunan harga jual. Pengaruh biaya produksi terhadap harga jual dalam penelitian ini adalah sebesar 80,5 % dan sisanya 19,95% dipengaruhi oleh faktor lain seperti persaingan di pasar dan selera konsumen.

 

Kata Kunci : Biaya Produksi dan Harga Jual.

References

Edwar J, dkk, 2012 Manajemen Biaya: penekanan Strategis, Jakarta: Selemba Empat.

Halim, Abdul, 2010, Dasar-dasar Akuntansi Biaya, Edisi Keempat, Cetakan Ketiga, Yogyakarta: Penerbit BPFE

Mulyadi, 2011. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. Jakarta: Selemba Empat.

, 2012. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. Jakarta: Selemba Empat.

,2014. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. Jakarta: Selemba Empat.

, 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. Jakarta: Selemba Empat.

Riwayadi, 2014. Akuntansi Biaya. Jakarta. Selemba Empat.

Sukirno, 2015. Akuntansi Biaya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Siregar, Baldric, dkk. 2015 Akuntansi Biaya. Edisi 2.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Supriyono, R.A. 2010. Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Edisi 2. Yogyakarta BPFE.

Downloads

Published

2021-04-01