Analisis Dana Pihak Ketiga Terhadap Likuiditas Pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Rarat Ganda Cabang Sungai Lilin

Authors

  • Mursalin Mursalin
  • Emma Lilianti
  • Intan Mutiasari

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v4i1.7264

Abstract

ABSTRACT

 

The litle of this research is analysis of third party funds against liquidity at PT BPR Rarat Ganda Sungai Lilin Branch. The method used in this study is a qualitative method, the sample in this study is the balance sheet and collectibility reports for the 2016-2019 period, the date collection techniques used are documentation and bibliography, the data analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The results of this study indicate that the third party funds to liquidity by calculatig the LDR ratio and the NPL ratio The LDR ratio in 2016-2019 has reached a fairly good value from the bank’s health assessment criteria based on the liquidity aspects set by Bank Indonesia. This means that the level of third party funds with liquidity at the  BPR rarat ganda Sungai Lilin Branch is categorized in a fairly healthy group. Then from the calculation of the NPL Ratio in 2016-2019 has reached a good enough value from the bank health assessment criteria based on the liquidity aspects set by Bank Indonesia then the level of third party funds with liquidity obtained by the NPL Ratio at the BPR Rarat Ganda Sungai Lilin Branch is Categorized in the medium categori.

 

Keywords : Third Party Funds, LDR, and NPL.

 

 

ABSTRAK

 

Judul penelitian ini adalah Analisis Dana Pihak Ketiga Terhadap Likuiditas Pada PT BPR Rarat Ganda Cabang Sungai Lilin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sampel dalam penelitian ini neraca dan laporan kolektibitas periode 2016-2019, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan daftar pustaka, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dana Pihak Ketiga terhadap Likuiditas dengan perhitungan rasio LDR dan rasio NPL. Rasio LDR pada tahun 2016-2019 telah mencapai nilai yang cukup baik dari kriteria penilaian kesehatan bank berdasarkan aspek likuiditas yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Artinya tingkat dana pihak ketiga dengan likuiditas pada BPR Rarat Ganda Cabang Sungai Lilin dikategorikan dalam kelompok cukup sehat. Kemudian dari hasil perhitungan rasio NPL pada tahun 2016-2019 telah mencapai nilai yang cukup baik dari kriteria penilaian kesehatan bank berdasarkan aspek likuiditas yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, maka tingkat dana pihak ketiga dengan likuiditas yang diperoleh dengan rasio NPL pada BPR Rarat Ganda Cabang Sungai Lilin dikategorikan dalam kelompok sedang.

 

Kata Kunci: Dana pihak ketiga, LDR, dan NPL

References

BI. (1997). Surat Edaran Bank Indonesia No.13/24/DPNP/20 11 tentang Cara Penilaian Tingkat Kesehatan Bank. Jakarta: Bank Indonesia.

Hans Kartikahadi, dkk (2016). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Ismail. (2018). Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenadamedia Group

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasmir. (2017). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nuritomo, T. B. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat

Sujarweni, W. (2018). Metode Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2021-09-10