METODE: MEMBALIK KELAS, KOLABORATIF, KREATIVITAS SISWA (MODERASI) PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Authors

  • Muhamad Nanang Rifa'i Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda
  • Khafid Ismail Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda
  • Miftahur Rohmah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda
  • Rusmiati Rusmiati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6263

Keywords:

Kreativitas Siswa, Membalik Kelas, dan Kolaboratif

Abstract

Pembelajaran kolaboratif siswa diyakini penting untuk hasil belajar mereka. Seorang siswa dengan kemampuan kreativitas belajar yang lebih baik mungkin memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Namun konteks yang berbeda mempromosikan berbagai tingkat pencapaian. Oleh karena itu penelitian ini menyelidiki tentang metode membalikkan kelas pada bentuk pembelajaran kolaboratif dan kreativitas menjadi moderasi dalam penelitian ini. Siswa sekolah SMA Negeri 3 Yogyakarta menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 117 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan pendekatan moderasi atau analisis moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kreativitas dapat meningkatkan metode membalikkan kelas pada bentuk pembelajaran kolaboratif dalam kursus ekonomi. Dengan demikian penelitian ini berkontribusi pada pendekatan konseptual model pengajaran untuk kursus ekonomi

References

Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The flipped classroom: A survey of the research. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--22585

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 111(23), 8410–8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111

Hastuti, W. D. (2020). Membangun Motivasi dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom di Masa New Normal Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG | 181, September, 181–192.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.

Jensen, J. L., Kummer, T. A., & Godoy, P. D. d. M. (2015). Improvements from a Flipped Classroom May Simply Be the Fruits of Active Learning. CBE Life Sciences Education, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.1187/CBE.14-08-0129

Layli, N. (2012). Pembelajaran Kolaboratif Pada Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 1(1).

O’Flaherty, J., Phillips, C., Karanicolas, S., Snelling, C., & Winning, T. (2015). Erratum: The use of flipped classrooms in higher education: A scoping review (The Internet and Higher Education (2015) 25 (85-95)). Internet and Higher Education, 27, 90. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.05.001

Permana, R. (2020). Mengkaji Penerapan Blended Learning Menggunakan Metode Flipped Classroom di Perguruan Tinggi Agama Kristen. Jurnal Teruna Bhakti, 2(2), 112. https://doi.org/10.47131/jtb.v2i2.44

Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index

Ryan, M. D., & Reid, S. A. (2015). Impact of the Flipped Classroom on Student Performance and Retention: A Parallel Controlled Study in General Chemistry. Journal of Chemical Education, 93(1), 13–23. https://doi.org/10.1021/ACS.JCHEMED.5B00717

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394

Sudrajat, Y. (2020). Implementasi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Kompetensi Spiritual Dan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Academy of Education Journal, 11(2), 142–167. https://doi.org/10.47200/aoej.v11i2.398

Suryani, N. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2).

Trianto. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi anak Usia Dini. In J. Alfin (Ed.), Media Pradana (1st ed.). https://books.google.co.id/books?id=LFFADwAAQBAJ

Watts, M., & Schaur, G. (2011). Teaching and assessment methods in undergraduate economics: A fourth national quinquennial survey. Journal of Economic Education, 42(3), 294–309. https://doi.org/10.1080/00220485.2011.581956

Downloads

Published

2021-12-31