Komposisi Ekstensya for String Orchestra: Studi eksperimental penciptaan musik sebagai strategi pendidikan apresiasi musik klasik di Indonesia

Authors

  • Setyawan Jayantoro Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Indonesia
  • Sularso Sularso Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Penciptaan komposisi Ekstensya for String Orchestra karya Setyawan Jayantoro bermula dari observasi. Sebagai seorang komposer, Setyawan Jayantoro melihat perjalanan apresiasi musik klasik Barat di Indonesia yang memiliki segmentasi terbatas. Kajian dalam penciptaan musik ini bertujuan untuk mengkritisi keberadaan musik klasik Barat di Indonesia dalam perspektif umum yang seringkali dipahami dengan kesadaran apresiasi yang kurang tepat. Melalui studi eksperimental, metode penciptaan musik ini menggunakan sejumlah pola kreatif yang merujuk pada sejarah musik Klasik Barat dan kontekstualisasinya dengan cita rasa subjektif komposer sebagai orang Indonesia. Transisi keberagaman gaya dalam lintasan perjalanan musik klasik menjadi stimulasi kreativitas penciptaan musik yang paling mendasar. Metode tersebut mengintegrasikan kombinasi cita rasa dari era-era musik klasik, seperti gaya Barok dan Romantik dengan sentuhan Pop hingga Rock. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ekstensya for String Orchestra dapat menjadi salah satu strategi pengembangan model pendidikan apresiasi musik klasik untuk masyarakat awam melalui penciptaan musik. Kombinasi estetika musik Barok, Romantik, Pop, dan Rock yang dibingkai dalam semangat kekinian mampu memberikan kontribusi positif bagi terciptanya alternatif pendidikan apresiasi musik klasik di Indonesia.

Kata kunci: Musik klasik, Komposisi musik; Eksperimental musik; Pendidikan Apresiasi

References

Arblaster, A. (2002). Self-identity and national identity in classical music. In Journal of political & military sociology (pp. 259–272). JSTOR.

Bach, J. S., Mowat, C., Jones, P., & Howarth, E. (1988). Brandenburg concerto no. 3. Eulenburg.

Caiani, M., & Padoan, E. (2023). Conclusion: Challenges and Opportunities of (Pop) Music for Populism. In Populism and (Pop) Music (pp. 207–240). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-18579-3_7

Grieg, E. (2001). Holberg suite and other orchestral works. Dover Publication.

Han, R. (2022). Should Music be Political? The Role of Music in Communicating Political Ideology. International Journal of Social Science and Education Research, 5(3), 198–205.

Hansen, T. M. (2000). The Geometric All Interval System: Violin. THM Publications.

Hansen, T. M. (2013). Creative directions in musical instrumental practicing and teaching. In Alytus College (pp. 89–94). Faculty of Information and Communication Technologies.

Hardjana, S. (2000). Standing on the World of“ In Between” A Quest of Modernity in the World of Music. 동양음악 (Journal of the Asian Music Research Institute), 22, 127–133.

Hardjana, S. (2003). Corat-coret: Musik kontemporer dulu dan kini. Diterbitkan atas kerjasama Ford Foundation dan Masyarakat Seni Pertunjukan.

Hevner, K. (1936). Experimental Studies of the Elements of Expression in Music. The American Journal of Psychology, 48(2), 246–268. https://doi.org/10.2307/1415746

Hoshi, J., Sasaki, K., & Maruyama, R. (2023). Listening to J.S. Bach’s “Brandenburg Concerto No. 4 in G Major” May Suppress the Sympathetic Nervous Activity. The Tohoku Journal of Experimental Medicine, 259(1), 85–91. https://doi.org/10.1620/tjem.2022.J100

Laycock, M. (2014). Rehearsal and Performance Guide: Prelude from Grieg’s “Holberg” Suite. American String Teacher, 64(3), 32–35. https://doi.org/10.1177/000313131406400306

López-Íñiguez, G., & Burnard, P. (2022). Toward a nuanced understanding of musicians’ professional learning pathways: What does critical reflection contribute? Research Studies in Music Education, 44(1), 127–157. https://doi.org/10.1177/1321103X211025850

Rawbone, T., & Jan, S. (2020). The Butterfly Schema in the Classical Instrumental Style: A Product of the Tendency for Congruence. Music Analysis, 39(1), 85–127. https://doi.org/10.1111/musa.12133

Sheinberg, E. (2001). Shostakovich in Context (review). Notes, 57(4), 910–912. https://doi.org/10.1353/not.2001.0115

Sheinberg, E., & Tarasti, E. (1996). Signs, symbols, and expressive elements in the String Quartets of Dmitri Shostakovich. In Musical Semiotics in Growth, edited by Eero Tarasti (pp. 567–583).

Tchaikovsky, P. I., Entromont, P., Krček, J., & Dvořák, A. (1995). Serenade for strings. Tring International PLC.

Tong, E., White, C. J., & Fry, T. (2016). Classical Music Concert Attendance and Older Adults. Journal of Leisure Research, 48(2), 178–187. https://doi.org/10.18666/jlr-2016-v48-i2-6437

Vereshchahina-Biliavska, O. Y., Cherkashyna, O. V., Moskvichova, Y. O., Yakymchuk, O. M., & Lys, O. V. (2021). Anthropological view on the history of musical art. Linguistics and Culture Review, 5(S2), 108–120. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5nS2.1334

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Setyawan Jayantoro, & Sularso, S. (2023). Komposisi Ekstensya for String Orchestra: Studi eksperimental penciptaan musik sebagai strategi pendidikan apresiasi musik klasik di Indonesia. Jurnal Sitakara, 8(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/11162