Ketaatan Suku Baduy Terhadap Adat Istiadatnya

Authors

  • Bening Aulia Putri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang, Indonesia

Abstract

Budaya sunda merupakan salah satu contoh keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia. Budaya yang berkembang dan tumbuh di daerah Jawa Barat ini memiliki ajaran yang positif di setiap masyarakat yang meninggalinya. Tidak hanya untuk masyarakat itu sendiri, tetapi ajaran tersebut harus dilestarikan dan diajarkan kepada generasi muda. Tulisan ini memuat tentang ketaatan dari masyarakat suku Baduy yang berasal dari provinsi Banten. Salah satu suku yang masih kental dengan adat dan juga ikatan-ikatan tertentu. Penelitian ini menggunakan metode etnografis dengan analisis kualitatif serta menggunakan metode wawancara dan juga observasi. Ketaatan masyarakat Baduy ini merupakan salah satu contoh dari ajaran moral di mana kita belajar untuk berpegang teguh pada suatu prinsip. Menaati adat dan aturan bukan berarti menjadi terbelakang dan tertinggal. Banyak nilai moral yang dapat menjadi contoh dari masyarakat suku Baduy.

Kata kunci: Budaya, Budaya Sunda, Aturan adat

References

Mustoni, Otom. 2017. PERUBAHAN TATANAN BUDAYA HUKUM PADA MASYARAKAT ADAT SUKU BADUYPROVINSI BANTEN. Jurnal Penelitian Hukum : De Jure. Vol. 17, Nomor 3. (310-313)

Sumpena, Deden. 2012. ISLAM DAN BUDAYA LOKAL: KAJIAN TERHADAP INTERELASI ISLAM DAN BUDAYA SUNDA. Academic Journal for Homiletic Studies. Volume 6 No.1. (102-106)

Kusherdyana. Pengertian Budaya, Lintas Budaya, dan Teori yang Melandasi Lintas Budaya. Modul 1.

Mawardi, Rizal. 2019. PENELITIAN KUALITATIF: PENDEKATAN ETNOGRAFI.

Aan Hasanah, dkk. 2016. NILAI-NILAI KARAKTER SUNDA. Yogyakarta: Deepublish, (2-12)

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Bening Aulia Putri. (2023). Ketaatan Suku Baduy Terhadap Adat Istiadatnya. Jurnal Sitakara, 8(1), 34–42. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/11165