Kearifan Lokal Masyarakat Baduy Luar Dalam Memanfaatkan Bambu Sebagai Bahan Pembuatan Alat Musik Untuk Mengiringi Tari

Authors

  • Nicky Nurcahyani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang, Indonesia

Abstract

Baduy adalah salah satu suku yang terletak di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten. Kehidupan sehari-hari masyarakat Baduy masih terikat dengan hukum adat, tradisi dan peraturan yang berlaku didaerahnya. Sumber daya alam memegang peranan yang sangat penting dalam menunjang kelangsungan hidup masyarakat Baduy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kearifan lokal masyarakat Baduy Luar dalam memanfaatkan bambu sebagai bahan dalam pembuatan alat musik. Untuk mengetahui permasalahan tersebut, digunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Baduy Luar sudah mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi, namun sebagian besar masyarakatnya masih bersifat tradisional dan masih menaati adat istiadat dan norma yang berlaku. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronik, termasuk dalam keseniannya. Masyarakat Baduy memanfaatkan bambu sebagai bahan dalam  pembuatan alat musik tradisional. Terdapat beberapa alat musik tradisional masyarakat Baduy yang mereka buat diantaranya yaitu celempung, angklung buhu, karinding kuskus dan suling.

Kata Kunci: Suku Baduy, Kesenian, Alat Musik

References

Irianto K. (2016). Ilmu Lingkungan, Denpasar: PT Percetakan Bali.

Kendek CN, Tasirin JS, Kainde RP, Kalangi JI. (2013). “Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu Oleh Masyarakat Sekitar Hutan Desa Minanga III Kabupaten Minahasa Tenggara” dalam Jurnal COCOS, Vol. 3 No. 5.

Dransfield, S. and E. A. Widjaja. (1995). “Plant Resources of South-East Asia No Bamboos” Leiden: Prosea Foundation Bogor.

Andoko A. (2003). Budidaya Bambu Rebung, Yogyakarta: Kanisius.

Mulyadi M. (2010). Pemberdayaan Masyarakat Adat dalam Pembangunan Kehutanan (Studi Kasus Komunitas Battang di Kota Palopo, Sulawesi).

Erwinantu. (2012). Saba Baduy Sebuah Perjalanan Wisata Budaya Inspiratif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Nicky Nurcahyani. (2023). Kearifan Lokal Masyarakat Baduy Luar Dalam Memanfaatkan Bambu Sebagai Bahan Pembuatan Alat Musik Untuk Mengiringi Tari. Jurnal Sitakara, 8(1), 54–64. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/11166