Pembelajaran Teater Dul Muluk Dengan Media Audio Visual Kelas X SMA Negeri 3 Penukal
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1.11169Abstract
Pembelajaran tatap muka terbatas suatu hal baru bagi dunia pendidikan saat ini, permasalahan yang terjadi tatap muka terbatas, guru mencari siasat agar pembelajaran menjadi efektif, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara deskripsi masalah Pembelajaran Teater Dul Muluk Dengan Media Audio Visual Di Kelas X SMA Negeri 3 Penukal. hasil dari tinjauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat, khususnya: bagi pendidik, bagi sekolah, bagi siswa, dan bagi para ahli. Teknik pemeriksaan yang digunakan adalah strategi subjektif. Sumber informasi melalui saksi penelitian, buku, buku harian, pemeriksaan masa lalu, dan artikel web. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan prosedur teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik sebuah kesimpulan. Penelitian ini melacak kemungkinan lain dalam hal pembelajaran. Dimulai dari menggunakan Video Pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran Tatap Muka terbatas, melalui pendekatan pembelajaran, metode Pembelajaran dan kriteria keberhasilan. Setelah itu dapatlah hasil media pembelajaran dengan menggunakan media video, untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 3 Penukal. Merujuk dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulkan bahwa Metode-metode digunakan dalam penulisan, merupakan cara untuk memudahkan dalam sebuah penelitian. bentuk pembelajaran dengan menggunakan salah satu media audio visual sangat memudahkan peneliti dalam menarik minat peserta didik pembelajaran seni budaya, siswa mudah menyerap setiap ilmu yang disampaikan oleh Guru sehingga dalam penerapannya para peserta didik dengan mudahnya meniru atau apresiasi lansung video Pembelajaran Teater Dul Muluk.
Kata kunci: Pembelajaran, Teater Dul Muluk, Media Audio Visual Pembelajaran
References
Ahimsa-Putra, H. S. (2020). Bunga Rampai Kajian Seni Budaya Ragam Perspektif. Surabaya: Unesa University Press.
Amelia Maharani, n. y. (2021). PEMANFAATAN VIDEO CONFERENCE PADA PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. BESAUNG JURNAL SENI DESAIN DAN BUDAYA, 65- 66.
Arsyad, A. (2002). Media Pengajaran. Jakarta,: PT. Raja Gravindo Persada.
Ayuningrum, F. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK SISWA. YOGYAKARTA: JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BOGA.
Balitbang, P. (2001). Kurikulum berbasis Kopetensi mata pelajaran Ilmu Sosial Sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
Dhony, N. N. (2014). SURAKARTA: PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT SENI INDONESIA (ISI).
Harahap, S. P. (1982). Ensiklopedi Pendidikan. Gunung Agung,: Jakarta, .
Hartono. (2005). Ilmu Budaya Dasar Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT. Preharlindo.
Hendrajatin, H. A., & Aryani, R. (2021). Buku Panduan Guru Seni Tari Untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.
Itiarani. (2019). Penggunaan Video Dari Youtube Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. LAMPUNG: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Jaeni. (2019). TEATER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENDIDIKAN. Jurnal Aspikom, 1125.
Kurnia, S. I. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Melalui Media Sosial Youtube di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. JAMBI: PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.
Kustandi, C. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Laksana, R. B. (2017). Pengetahuan Dasar Kesenian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Liza Anzalina, Muhsin Ilhaq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Sitakara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Sitakara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Sitakara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Sitakara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Sitakara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Sitakara entitles the author(s) to no royalties or other fees.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .