Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Seni Budaya

Authors

  • Putri Permata Sari Prodi Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Irfan Kurniawan Prodi Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1.11467

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran seni budaya siswa kelas IX di SMP Negeri 15 Palembang. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari  Mulyasa dalam buku guru yang profesional, teori ini menjelaskan mengenai cara-cara guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari variasi pembelajaran yang didalamnya terdapat variasi gaya mengajar, variasi media pembelajaran dan variasi pola interaksi. Metode penilitian adalah metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Setelah pengumpulan data dilakukan dan data yang sudah dianalisis, maka terdapat hasil penelitian dan pembahasan yang dapat disimpulkan bahwa variasi keterampilan guru di SMP negeri 15 Palembang terutama pada pembelajaran seni budaya pada siswa kelas IX sudah berjalan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan hasil yang diterima oleh para siswa juga maksimal.

Kata Kunci: . Kata kunci: keterampilan variasi, variasi pembelajaran, hasil belajar  

References

Ali, M. (2010). Guru dalam proses Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Cahyadi. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa dan Penampilan Guru

Fitriani. (2016). Implementasi Variasi Mengajar Guru Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 3 Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1-12.

Handayani, N. G. (2013). Perfomansi Guru Pemanfaatan Keterampilan Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X . jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Hera, T. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Tari Tanggai Pada Siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Palembang. Sitakara.

Hera, T. (2021). Pengaruh Model pembelajaran Explicit Instruction Pada Pembelajaran Tari Daerah Sebagai Dasar Keterampilan Menari Tradisi. Sitakara, 40-54.

Hera, T. (2022). Pengembangan video pembelajaran tari berbasis budaya lokal untuk siswa SD. Sitakara, 97-107.

Heryawati, Y. (2016). Seni Pertunjukan dan Ritual. Yogyakarta: Ombak Tiga.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran . Bandung: PT.Remaja rosdakarya.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2019). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. (2015). Analisis Keterampilan Guru dalam Memberikan Variasi Stimulus pada Pembelajaran sekolah Dasar. Skripsi.perpustakaan.upi.edu.

Rohimah, S. H. (2017). Implementasi Keterampilan Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI 04 Gandrungman. Skripsi.repository.iainpurwokerto.ac.id.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiah, N. (2013). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus.

Thoifuri. (2013). Menjadi Guru Insiator. Semarang: Media Campus.

Uniarsi, M. (2014). penerapan Keterampilan Guru Mengadakan Variasi pada Pembelajaran .

Usman, M. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Permata Sari, P., & Kurniawan, I. (2023). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Seni Budaya. Jurnal Sitakara, 8(1), 134–146. https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1.11467