Pembelajaran Tari Kreasi Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction

Authors

  • Sulastri Astuti Prodi Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Deria Sepdwiko Prodi Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1.11468

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui hasil Pembelajaran Tari Kreasi menggunakan Model pembelajaran Explicit Instruction dan Mendeskripsikan proses pembelajaran Tari Kreasi menggunakan Model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa di SMA Negeri 3 Sungai Lilin. Guna Mendekati masalahan ini di gunakan acuan  teori dari Aris Sohimin dalam buku 68 model pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang di gunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif . Data-datai di kumpulkan melalui 1) Observasi 2) Dokumentasi 3)Wawancara, dan dianalisis secara dengan mencari data primer dan sekunder.Kajian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran tari kreasi dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction memberikan pengaruh atau efek yang positif  untuk guru dan siswa dapat di lihat dari antusis siswa dalam mengikuti pembelajaran tari kreasi dan di lihat dari penilaian yang di peroleh siswa dari kelas XI.1 mendapatkan nilai rata-rata 85 sedangkan nilai tertinggi  95 dan nilai terendah 75.

Kata Kunci: Tari Kreasi, Model Pembelajaran Explicit Instruction

References

Anggaraini. (2016). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Binatang pada anak usia dini. Jurnal PG-Paud, 3, 79-162.

Hanafy, M. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidkan, VOL.17.NO 1 JUN 2014, 77., 9.

Hera, T. (2018). Aspek-Aspek penciptaan tari dalam pendidikan. Posiding seminar nasional 21 universitas PGRI Palembang.

Hermawati, Y. (2019). Meningkatkan pengetahuan minat, bakat, peserta didik terhadapp seni tari dengan model pembelajran explicit instrcution doi smk negeri 7 kota bandung. Jurnal penelitian pendidikan, 3.

Mudjino, D. (2015 ). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran INOVATIF Dalam Kuikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.cv.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Grub.

Treny Hera, Rully Rochayati, Putra,R.E. (2021). Bahan Ajar Tari Melaju Dengan Mutu. Yogyakarta: Perkumpulan Seni Sapu Lidi Yogyakarta.

werdiningtyas, R. k. (2018). Pelatihan Seni Tari Kreasi Baru Bagi Guru di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Jurnal Pemberdaan Masyarakat E-ISSN:2541-1977 P-ISSN :26-2649, 1.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Astuti, S., & Sepdwiko, D. (2023). Pembelajaran Tari Kreasi Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction. Jurnal Sitakara, 8(1), 147–158. https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1.11468