PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL BAGIMU NEGERI KEPADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 PALEMBANG

Authors

  • Kusnarti Kusnarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i2.1190

Abstract

ABSTRAK

 

Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Bagimu Negeri kepada Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh positif metode pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar menyanyikan Lagu Wajib Nasional Bagimu Negeri kepada siswa kelas VII SMP Negeri 35 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh positif metode pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar menyanyikan Lagu Wajib Nasional Bagimu Negeri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar menyanyikan Lagu Wajib Nasional Bagimu Negeri kepada Siswa kelas VII SMP Negeri 35 Palembang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Post-test. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel independen dalam penelitian ini yaitu metode pembelajaran Kooperatifdan Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasi lbelajar menyanyikan Lagu Wajib Nasional Bagimu Negeri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan analisis data menggunakan pengujian Uji-t.

Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, didapat nilaipost-test siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 84,55 dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 81, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa pada kelas kontrol adalah 80 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 76. Setelah memperoleh data hasil tes siswa, peneliti melakukan analisa data dengan menggunakan rumus Uji-t. Dari hasil perhitungan Uji-t, diperoleh nilai thitung =3,65 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% dan dk 56 diperoleh ttabel = 2,0042, maka hipotesis yang diterima adalah tolak Ho terima Ha atau thitung ≥ ttabel (3,65 ≥ 2,0042).Dari hasil perhitungan Uji-t, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif metode pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar menyanyikan Lagu Wajib Nasional Bagimu Negeri kepada siswa kelas VII SMP Negeri 35 Palembang tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci :Metode Pembelajaran Kooperatif dan Hasil Belajar

Downloads

Published

2017-08-29

How to Cite

Kusnarti, K. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL BAGIMU NEGERI KEPADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 2(2). https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i2.1190