PEMBELAJARAN MEMBUAT RAGAM HIAS MENGGUNAKAN MEDIA BAMBU DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TALANG KELAPA

Authors

  • Lili Purnama Sari
  • Mainur Mainur

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i2.1192

Abstract

ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran membuat ragam hias menggunakan media bambu dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talang Kelapa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran membuat ragam hias menggunakan media bambu dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talang Kelapa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Talang Kelapa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran membuat ragam hias menggunakan media bambu menggunakan media bambu dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas guru pada pertemuan II adalah 90%. Hasil observasi di SMP Negeri 1 Talang Kelapa, baik kepada guru dan siswa di dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas berjalan dengan lancar dan terjalin komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Berdasarkan hasil penilaian observasi siswa diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan II sebesar 95,83%. Dengan demikian, proses pembelajaran pada pertemuan II diperoleh temuan bahwa metode demonstrasi yang digunakan oleh guru sudah optimal diserap oleh siswa. Penerapan metode demonstrasi memberikan dampak yang positif terhadap pembelajaran, karena siswa memperoleh pemahaman materi tentang cara membuat ragam hias menggunakan media bambu. Dengan demikian, siswa mendapatkan gambaran yang jelas tentang materi pelajaran khususnya tentang cara membuat ragam hias menggunakan media bambu. Selain itu, hasil tes unjuk kerja siswa dalam membuat ragam hias menggunakan media bambu dengan metode demonstrasi sebesar 80,83 sedangkan KKM yang ditetapkan di sekolah sebesar 75,00. Artinya pembelajaran membuat ragam hias menggunakan media bambu dengan metode demonstrasi di kelas VII SMP Negeri 1 Talang Kelapa dikatakan berhasil. Hasil wawancara yang dilakukan kepada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Talang Kelapa diketahui bahwa siswa sangat menyenangi pembelajaran seni budaya, khususnya dalam menggambar ragam hias menggunakan media bambu dan juga sangat menyenangi guru dalam menjelaskan materi pelajaran.

Kata Kunci: ragam hias, media bambu, metode demonstrasi

Downloads

Published

2017-08-29

How to Cite

Sari, L. P., & Mainur, M. (2017). PEMBELAJARAN MEMBUAT RAGAM HIAS MENGGUNAKAN MEDIA BAMBU DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TALANG KELAPA. Jurnal Sitakara, 2(2). https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i2.1192