PEMBELAJARAN LAGU SIK-SIK SIBATUMANIKAM DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN KOLINTANG UNTUK PIKPP(PERSATUAN IBU-IBU KARYAWAN PT. PUSRI PALEMBANG) SUMATERA SELATAN

Rio Eka Putra

Abstract


ABSTRAK

                Menggangkat sebuah pembelajaran instrumen kolitang untuk persatuan ibu-ibu karyawan PT.Pusri Palembang, untuk menjelaskan bagaimana metode yang digunakan dalam pembelajaran instrumen kolintang untuk lagu-lagu daerah. Dengan menggunakan metode drill akan memudahkan dalam pembelajaran teknik-teknik, penabuhan, serta penggabungan instrumen satu dengan lainnya. Hasil akan terlihat dalam sebuah pertunjukan yang diselenggarakan nantinya.

                Dewasa ini Perkembangan instrumen kolintang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, salah satunya Palembang. Kesenian ini berkembang sangat baik hingga dapat dipelajari selain masyarakat minasaha itu sendiri, Kolintang biasa disebut kulintang. Kata Kolintang sendiri sebenarnya berasal dari bunyi yang di hasilkan oleh musik tersebut yakni Tong pada saat nada rendah, Ting waktu nada tinggi dan Tang ketika nada tengah. Jadi, pengertian bermain musik Ansambel  Kolintang yaitu bermain musik secara bersama-sama menggunakan alat musik Kolintang. dalam permainan instrumen kolintang banyak lagu-lagu yang bisa dimainkan, karena memiliki wilayah nada standard.

Kata kunci: Pembelajaran, Metode demonstrasi dan drill, Ansambel kolintang

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/sitakara.v0i0.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.