Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai

Authors

  • Parman Parman Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu Jambi, Indonesia
  • Sri Wahyuni Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v9i1.14751

Abstract

Kegiatan ini berlatar belakang pada perkembangan kreativitas anak yang masih rendah. Masih banyak anak yang belum bisa mewarnai gambar sesuai dengan aslinya, anak belum bisa menjelaskan apa yang diwarnainya, dan masih ada yang cenderung mewarnai gambar hanya dengan satu warna saja. Kreativitas adalah daya atau kemampuan untuk mencipta. Mewarnai merupakan kegiatan membubuhkan warna atau pewarna (krayon) pada suatu gambar. Kegiatan mewarnai telah menjadi keterampilan yang sebaiknya dikuasai anak-anak sejak dini karena memahami warna, anak tidak hanya mengenal macam-macam warna namun juga memberikan kesempatan pada anak untuk mengekpresikan diri. Peserta dalam kegiatan ini adalah TK Alhadi Raziq Sultan Jambi.

Kata Kunci: Kreativitas, Warna, Mewarnai

References

Adi D. Tilong. 2016. Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan Dan Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana.

Agama Islam pada 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini di RA An-Naafi’ Mijen Kota Semarang Tahun

Ajaran 2017/2018. http://eprints.walisongo.ac.id/8774/

Musrifah, A. 2019. Aplikasi Live texturing Coloring Book Menggunakan Augmented Reality Untuk

Melatih Kreatifitas Anak. Conference: Connects 3rd 2019 “Education Transformation in Facing Industrial Revolution 4.0”, Universitas Suryakancana, Conference Paper. https://www.researchgate.net/Publication/335028877

Nurhayati, N. 2020. Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak

TK Kelompok B. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 65-73. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1754

Sitti Rahmawati Talango. 2020 Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic

Education Journal. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Husnaini, N., & Jumrah. 2019. Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak

Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133.

https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4477

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Parman, P., & Wahyuni, S. (2024). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Sitakara, 9(1). https://doi.org/10.31851/sitakara.v9i1.14751