Pemanfaatan Seni Pertunjukan Digital Dalam Strategi Pembelajaran Teknologi Informatika

Authors

  • Yuliza Aryani AKBID Nusantara Indonesia Lubuk Linggau, Indonesia

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dalam kehidupan. Secara umum pengertian dari sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Suatu sistem teknologi informasi pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang bersifat fisik, seperti komputer dan printer, tetapi juga mencakup hal-hal yang tidak terlihat secara fisik, yaitu perangkat lunak atau software. Secara umum penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang selerelatif mungkin menjelaskan serta mendeskripsikan, menganalisis, sekaligus menafsirkan. Penelitian deskriptif artinya data yang terurai dalam bentuk kata-kata atau gambar-gambar, bukan dalam bentuk angka-angka. Secara luas strategi dapat diartikan sebagai suatu cara menetapkan keseluruhan aspek yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pembelajaran, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Adapun kesimpulan dari tulisan penelitian ini adalah Upaya secara total dari sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta di beberapa kota besar di Indonesia yang telah berupaya mengintegrasikan teknologi informatika ke dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Seni Pertunjukan, Strategi, Teknologi Informatika

References

Dryden, Gordon; dan Voss, Jeanette; (1999), ”the Learning Revolution: to Change the Way the World Learn”, the Learning Web, Torrence, USA, http://www.thelearningweb.net.

Fryer, Wesley A.; (2001), “Strategy for effective Elementary Technology Integration”,

http://www.wtvi.com/teks/integrate/tcea2001/powerpointoutline.pdf

Nasution, S, prof.DR, MA., Berbagai pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Bumi Aksara, 2000

Nurhadi, DR,M.Pd., Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) , Universitas Negeri Malang, 2002

Merrill, M.D., Componen Display Theory, dalam Reigeluth, C.M., Instructional-Design Theories and Models : An Overview of Their Current Status., Hillsdale, New Jersey, Lawrence Erlbaum Assosiate, 1983.

Makalah : Integrasi TIK dalam Pembelajaran versi Teknodik, Disampaikan pada seminar nasional Teknologi Pendidikan, senayan,jakarta 1-2 Desember, 2004.

UNESCO Institute for Information Technologies in Education (2002), “Toward Policies for Integrating ICTs into Education” Hig-Level Seminar for Decision Makers and Policy-Makers, Moscow 2002.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Aryani, Y. (2024). Pemanfaatan Seni Pertunjukan Digital Dalam Strategi Pembelajaran Teknologi Informatika. Jurnal Sitakara, 9(1). Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/14755