Pembelajaran Pembuatan Henna Pada Siswa Sma Negeri 1 Sanga Desa

Authors

  • Bunga Bunga Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • A. Heryanto Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Fadhilah Hidayatullah Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menyusun materi pembelajaran pada pembuatan Henna Motif Bunga di kelas XI SMA Negeri 1 Sanga Desa kabupaten Musi Banyuasin. Metode penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang berusaha kan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran membuat pembuatan Henna motif bunga pada kelas XI SMA Negeri 1 Sanga Desa. Hasil penelitian berdasarkan data observasi, data wawancara dan data dokumentasi menunjukan bahwa pembelajaran Henna motif bunga pada kelas XI di SMA Negeri 1 Sanga Desa sudahberjalan dengan baik. Dalam penelitian ini dikatakan baik hal ini ditunjukan dari lembar observasi guru dan siswa dari beberapa pertemuan berdasarkan indikator yang di buat oleh peneliti untuk mengukur berdasarkan indikator penilaian proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Dari penelitian dan penilaian yang didapat bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa mendapatkan hasil baik.

Kata Kunci: Pembelajaran Pembuatan Henna Motif Bunga

References

Arikunto, S. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmadi, H. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dirman dan Cicih. J. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-prinsp Pembelajaran yang mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful, B dan Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayatullah F, Wahana Didaktika Vol. 18 No.2 Mei 2020 : 132-145.

Mulyatiningsih,E. 2012. Metode Penelitian Terapan. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Penerbit SIC

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Subagyo, P. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudijono, A. 2012 Evaluasi Pedidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, S. 2014 Metode dan Model – model Pembelajaran, Lombok: Holistica W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran, Gramedia, jakarta, Cet.II.1989.

Suwandi, Basrowi. 2007. Model Assesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta.

Panitia Sertivikasi Guru (PSG) Rayon 13 Surakarta.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Bunga, B., Heryanto, A., & Hidayatullah, F. (2024). Pembelajaran Pembuatan Henna Pada Siswa Sma Negeri 1 Sanga Desa. Jurnal Sitakara, 9(1). Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/14786