Tari Paya Sebagai Sumber Pembelajaran Seni Tari

Authors

  • Irma Silviani Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Muhamad Idris Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Nurdin Nurdin Guru Seni Budaya, Palembang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sumber ajar pada materi seni tari dikelas X SMK Negeri 1 Lempuing. Masalah penelitian difokuskan pada nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam tari paya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran seni tari dikelas X SMK Negeri 1 Lempuing. Guna mendekati masalah penelitian  ini dipergunakan acuan teori dari Wina Sanjaya dalam buku strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian tersebut dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif dari hasil data yang telah didapatkan. Kajian ini menyimpulkan bahwa Tari Paya Sebagai Sumber Pembelajaran Seni Tari  Dikelas X SMK Negeri 1 Lempuing memuat beberapa unsur yaitu kesejarahan tari, bentuk penyajian tari, fungsi tari, makna tari serta rencana pembelajaran tari.

Kata Kunci: Tari Paya, Sumber Pembelajaran Seni Tari

References

Mulyasa, E. (2013) Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Tari Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Moleong, L. J. 2011 Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet:24 Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurdin, N, 2018. Pelatihan Tari Lenggang Patah Sembilan Dalam Konteks Pementasan Tari Pada Siswa-Siswi Smp Negeri 30 Kota Palembang. Wahana Dedikasi Vol 1 No 2 November 2018.

Nurdin, N. 2018. Tata Rias Dan Busana Tari Serasan Seandanan Di Kabupaten Oku Selatan. Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya Vol. 3, No. 2, 2018

Nurdin, N., Treny. H., Kontribusi Motivasi Mahasiswa Dalam Proses Kreatif Penciptaan Tari Pada Mata Kuliah Koreografi. Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya Vol.4, No 1 (2019)

Sanjaya W, (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: prenada Media Grub.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif and R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta.

Widia .P, dkk. 2005. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Silviani, I., Idris, M., & Nurdin, N. (2024). Tari Paya Sebagai Sumber Pembelajaran Seni Tari. Jurnal Sitakara, 9(1). Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/14787