Kreativitas Sanggar Mahkota Dalam Penataan Tari Ragap Ngetam

Authors

  • Risma Suntara Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Fadhilah Hidayatullah Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Rully Rochayati Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreativitas sanggar mahkota dalam penataan tari Ragap Ngetam karya Ibu Herita Susanti di kabupaten Ogan Ilir. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek penelitian adalah Proses Kreativitas Tari Ragap Ngetam di Sanggar Mahkota. Sumber data penelitian ini adalah Herita Susanti, selaku koreografer atau pencipta tari Ragap Ngetam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Ragap Ngetam merupakan tari kreasi baru yang diciptakan oleh Ibu Herita Susanti pada tahun 2017, tari ini terinspirasi dari tradisi masyarakat Ogan Ilir gotong royong dalam memanen padi dengan proses kreatif yang dilakukan oleh Ibu Herita Susanti dalam penatan tari Ragap Ngetam yaitu meliputi tahap pra dan tahap pelaksanaan karya tari kreasi.

Kata Kunci : Kreativitas, bentuk, tari Ragap Ngetam.

References

Agung, Taat, Aida. (2017). Analisis Koreografi Tari Kreasi Jameun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Vol 2 No 1.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dibia, Wayan. (2017). Bergerak Menurut Kata Hati. Jakarta: Mspi Press.

Fakhriyani, V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains Vol 4 No 2.

Nurdin. (2018). Konsep Kreatifitas Wallas Dalam Proses Penciptaan Tari Tepak Keraton. Jurnal Sitakara Vol 3 No 1

Pakerti, W. (2014). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Uneversitas Terbuka Press.

Rochayati, Hera, Dan Putra. (2021). Tari Melaju Dengan Mutu Dalam Kajian Bentuk Tari. Yogyakarta: Perkumpulan Seni Sapu Lidi.

Hadi,S. (2003). Mencipta Lewat Tari. Yogyakarta: Manthili.

Siswanti, L. (2011). Kontribusi Seni Tari Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya Fakultas Seni Pertunjukan Vol 26 No 2.

Sugiarto, E. (2019). Kreativitas Seni. Yogyakarta: Lkis.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,Cv.

Sukma,I. (2021). Proses Kreatif Elly Rudi Dalam Menciptakan Tari Kreasi Anak Rentak Palembang. Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya Vol 6 No 2.

Sumaryadi, Elindra,Dan Susilo. (2019). Proses Kreatif Dalam Seni Pertunjukian Drama-Tari-Musik. Yogyakarta: Cv.New Transmedia.

Susanti,D. (2015). Penerapan Metode Penciptaan Alma Hawkins Dalam Karya Tari Gundah Kancah. Jurnal Ekspresi Seni Vol 17 No 1.

Taruna. (2021). Serangan Empat Hari Di Surakarta Sebagai Sumber Penciptaan Karya Tari Tekad. Jurnal Of Choreographic And Artistic Research No 1 Vol 1.

Wahyuni,Trie. (2009). Motivasi Dan Proses Penciptaan Tari Anak. Jurnal Penelitian Humaniora Vol 14 No 2.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Suntara, R., Hidayatullah, F., & Rochayati, R. (2024). Kreativitas Sanggar Mahkota Dalam Penataan Tari Ragap Ngetam. Jurnal Sitakara, 9(1). Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/14789