Pengaruh Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Seni Tari

Authors

  • Fitriani Fitriani Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Feri Firmansyah Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Naomi Diah Budi Setyaningrum Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v9i1.14790

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh audio visual terhadap hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Plakat Tinggi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Plakat Tinggi. Sampel penelitian ini diambil secara random yaitu siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji t.Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata hasil kelompok eksperimen dengan penerapan media audio visual sebesar 74,18, sedangkan rata-rata hasil kelompok kontrol tanpa media audio visual sebesar 68,34. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil kelompok eksperimen dengan media audio visual lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil uji thitung = 3,587 > ttabel = 1,665707. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh audio visual terhadap  hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri  1 Plakat Tinggi.

Kata Kunci: Pembelajaran tari, media audio visual, hasil belajar.

References

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamari, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran Paud. Yogjakarta: A-Ruzz Media.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jazuli, M. (2016). Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Semarang: Unesa University Press.

Kadir.(2015). Pengujian Normalitas Data Metode Penelitian. Jakarta.

Malarsih.(2016). The Tryout of Dance Teaching Media in Public School in The Context of Appreciation and Creation Learning.Journal of Arts Research and Education, Vol. 16.Nomor. 1. Hlm. 95-102. Semarang: Semarang State University.

Oktiyana.(2015). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemadirian Siswa Belajar Seni Budaya.E-Jurnal sendartasik FBS Universitas Negeri Padang, Vol. 2 No. 1, Tahun 2015.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta Bandung.

Sanaky. H. (2013). Media pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Audio Visual Untuk Membentuk Karakter Belajar. http://www.novapdf.com/. 06 Juli 2022.

Susanto, A. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wardani dan Lia. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. STKIP Rokania Pasir Pangaraian , article-205, 2019.

Yusran, S. (2019).Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Tradisional Lumense Kelas VIII SMP Negeri 16 Poleang Tengah.Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya.Vol. 4, no. 2, Dec. 2019, doi:10.33772/jpsb.v4i2.7822.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Fitriani, F., Firmansyah, F., & Budi Setyaningrum, N. D. (2024). Pengaruh Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Seni Tari. Jurnal Sitakara, 9(1). https://doi.org/10.31851/sitakara.v9i1.14790