Analisis Karakter Tokoh Utama Dalam Pertunjukan Teater Dulmuluk

Authors

  • Dian Sri Rahayu Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Nugroho NAD Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Auzy Madona Adoma Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakter tokoh utama dalam pertunjukan teater dul muluk di sanggar tunas harapan pemulutan. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari  Misda Elina dalam buku Seni Pertunjukan Tradisional, teori ini menjelaskan mengenai seni pertunjukan tradisi yang ada di Indonesia diantaranya yaitu seni tari, seni musik dan seni teater. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Setelah pengumpulan data dilakukan dan data yang sudah dianalisis, maka terdapat hasil penelitian dan pembahasan yang dapat disimpulkan bahwasannya karakter dari tokoh utama ini yaitu berkarakter sopan, bijaksana, bertanggung jawab dan pemberani. Hal itu dapat peneliti lihat dan peneliti analisis melalui pertunjukan yang mereka bawakan serta peneliti juga sekaligus membaca teks dialog yang telah mereka siapkan. Tokoh dalam pementasan Teater Dulmuluk memiliki perubahan di dalam pementasan yang ditampilkan, seperti pada pemain sekitar tahun 1910 s.d 1980 hanya dimainkan oleh laki-laki, karena pada zaman tersebut sangat sulit mencari pemain perempuan. Perempuan juga dianggap mempertontonkan aurat yang berkaitan dengan nilai etika, filsafat dan vertikal keagamaan bila ikut serta dalam pertunjukan Teater Dulmuluk.

Kata Kunci: Karakter, Tokoh Utama, Abdul Muluk.

References

Amalia, N dan Putra, H.B. (2015). Bentuk Dan Fungsi Kesenian Tradisional Krangkeng di Desa Asemdoyong Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Dhony, N. N. (2015). Struktur Pertunjukan teater Dulmuluk dalam Lakon AbdulMuluk Jauhari Palembang. Seni Budaya, Vol 15 no.3

Fauzan, Rikza, Nashar, Muhammad. (2017). “Mempertahankan Tradisi, Melestarikan Budaya (Kajian Historis dan Nilai Budaya Lokal Kesenian Terebang Gede di Kota Serang)”. Jurnal Candrasangkala. 3 (1). Hal 1-9.

Kanzunuddin, M. 2011. Peran Pariwisata dalam Pelestarian Kesenian Tradisional. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Misda Elina, Murniati, Darmansyah.(2018). Pengemasan Seni Pertunjukan Tradisional sebagai Daya Tarik Wisata di Istana Basa Pagaruyung. Panggung Vol. 28 No. 3.

Nelvi Monariyanti. (2015). Seni Pertunjukan Sebagai Atraksi Wisata Budaya Di Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Jom Fisip Vol. 2 No. 1..

Rizky Tungga Takumansang Telleng. (2016). Analisis Karakter Tokoh Utama Dan Gambaran Kehidupan Pengarang Dalam Novel David Copperfield Karya Charles Dicken. Jurnal Skripsi Universitas Sam Ratulangi Fakultas Ilmu Budaya Manado.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Ucha Riani , Mukhlis , & Subhayni. (2016). Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI Vol. 1 No. 4.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Rahayu, D. S., NAD, N., & Adoma, A. M. (2023). Analisis Karakter Tokoh Utama Dalam Pertunjukan Teater Dulmuluk. Jurnal Sitakara, 8(2). Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/14869