Kolaborasi Seni Tradisional dan Teknologi: Kreativitas dalam Pembelajaran Tari Beriuk Tinjal Melalui Aplikasi TikTok

Authors

  • Lale Alia Balqis Prodi Pendidikan Seni, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Slamet Haryono Prodi Pendidikan Seni, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eko Haryanto Prodi Pendidikan Seni, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v9i2.15432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi kolaborasi antara seni tari Beriuk Tinjal dan platform media sosial TikTok dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Beriuk Tinjal, sebagai salah satu bentuk seni tari tradisional Indonesia khususnya pulau Lombok, menghadapi tantangan untuk tetap eksistensi relevan dan menarik bagi generasi muda di era digital. TikTok, sebagai salah satu aplikasi berbagi video yang popular, menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk mengajarkan dan mempromosikan seni tari tradisioanal. Melalui metode studi kasus dan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis bagaimana penggunaan TikTok dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam belajar dan mengekspresikan seni tari Beriuk Tinjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi TikTok dalam pembelajaran tari tidak hanya memperkaya pengalaman belajar peserta didik tetapi juga memberikan ruang bagi mereka untuk berinovasi dan mengeintegraikan kembali gerakan-gerakan tari tradisional dalam konteks yang lebih modern dan menarik. Temuan ini mengidentifikasi bahwa kolaborasi antara seni tradisioanl dan teknologi dapat menjadi strategi efektif untuk melestarikan warisan budaya sekaligus mengembangkan kreativitas generasi muda.

Kata Kunci: Teknologi; Kreativitas; Tik Tok; Tari Beriuk Tinjal.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Citrawati, A. A. I. A., Syofia, N., & Wahyuni, W. (2023). Transformasi Pendidikan Seni Melalui Teknologi: Memperluas Horison Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Tari. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 5(1), 118–125.

Hakiki, I., & Hadi, R. (2023). Keberagaman Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Kelas V dan VI di SD Negeri 2 Bayan Tahun Ajaran. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(9), 515-524.

Herlambang, I., Komalasari, H., & Suryawan, A. I. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tari Dengan Model Project Based Learning. Jurnal Seni Tari Dan Pendidikan Seni Tari, 2(3), 394–407.

Oktariani, D. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Seni Tari Tradisi Nusantara Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 907. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.64172

Pranoto, I., & Agraini, E. (2021). Desember 2021 (13)2:1 67-174 FKIP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 2021(13), 11–11. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS

Setianingsih, Y. (2014). Peranan Olah Tubuh Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dalam Tari Pada Anak-Anak Smp Negeri 01 Karangkobar. Jurnal Seni Tari, 3(1), 1–9.

Sinta, T., Rasida Luisandrith, D., Yanuartuti, S., Seni Budaya, P., & Negeri Surabaya, U. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175–180. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/42085

Sofa, T. M. (2020). Pembelajaran Seni Tari Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Imaji, 18(1), 25–31. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i1.30304

Sunaryo, A., Gunawan, I., Hapidzin, R. I., Endrayanto, Y., & Santana, F. D. T. (2024). Koreografi Interkultural: Mengkokohkan Identitas Budaya Melalui Kolaborasi Seni Pada Bandung Isola Performing Art Festival (BIPAF). Panggung, 34(1), 70. https://doi.org/10.26742/panggung.v34i1.2830

Yulianti, R. (2016). Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Pemahaman Cinta Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 29–42. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/851

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Balqis, L. A., Haryono, S., & Haryanto, E. (2024). Kolaborasi Seni Tradisional dan Teknologi: Kreativitas dalam Pembelajaran Tari Beriuk Tinjal Melalui Aplikasi TikTok. Jurnal Sitakara, 9(2), 261–268. https://doi.org/10.31851/sitakara.v9i2.15432