PENGGUNAAN KRAMA BAHASA JAWA SEBAGAI DASAR UTAMA PEMBANGUNAN MORAL ANAK USIA DINI DI MIN 1 LAMONGAN

Authors

  • Muhammad Alifi PGMI, UIN Sunan Ampel Surabaya , Surabaya, Indonesia
  • Siti Muhlisah PGSD, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Raden Syaifuddin PGSD, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh bagaimana penggunaan krama bahasa Jawa dalam kehidup66an sehari-hari, baik di rumah, sekolah, maupun di lingkungan sekitar anak kecil. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pemahaman anak terhadap tata krama bahasa Jawa yang menjadi landasan pengembangan moralitas pada anak usia dini. Karena sesuai dengan skenario dan kondisi yang produktif maka menggunakan teknik wawancara dengan salah satu pengajar MIN 1 di desa Blawirejo Lamongan, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mengajarkan tata krama Jawa pada generasi muda dapat meningkatkan pertumbuhan moral dan memberikan landasan bagi rasa hormat yang lebih besar terhadap figur otoritas di antara teman sebayanya. Hal ini ditunjukkan melalui penggunaan kosakata berbagai istilah, antara lain njenengan, mboten pareng, kulo, mboten, dan nggeh, serta kosakata dasar lainnya yang digunakan dalam interaksi sehari-hari dengan anak.

Kata Kunci : Krama Bahasa Jawa, Moralitas, Kosakata.

References

Alifiyah, Khoiri. 2019. Implementasi Bahasa Jawa Ragam Krama Sebagai Upaya Pembinaan sikap Ta’dzim Siswa. Skripsi IAIN Salatiga.

Chotimah, Chusnul dkk. 2019. Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bhasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. Internasional Journal of Elementey School. Vol. 3.

Demita 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Dwiana Asih Wiranti, M. Pd. Dkk. 2018. Penggunaan Bahasa Jawa Krama Sebagai Pondasi Utama Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Unisnu.

Mursid. 2015. Belajar dan Permbelajaran PAUD. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Suwandi. 2013. Ngoko Krama, Yogyakarta: Balai Bahasa provinsi DIY.

Sumantri, M. Syarif, 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Press.

http://sains.kompas.com/read/2009/04/02/013309 46/motivasi.Memakai.Bahasa.Jawa.makin.tia da. Diakses 07 Juni 2023 pukul 15.00 WIB

WahyuTrisnawati dan Puji Yanti Fauziah, “Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Pada Anak Usian Dini di Desa Tangerang Banyumas”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.10 No.2, November 2019

Dwiana Asih Wiranti, “Penggunaan Bahasa Jawa Krama Sebagai Pondasi Utama Perkembangan Moral Anak Usia Dini”, Vol. 6, No. 1, Januari- Juni 2018

Chusnul Chotimah,dkk., Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun, (International Journal of Elementary Education. Volume 3, Number 2, Tahun 2019) Setyanto, A.E., dkk. Jurnal Komunikasi Massa, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Memudarnya Etika Komunikasi Masyarakat Jawa di Kota Surakarta , 2015) No. 8, Vol.2

Suwito dkk, “Tradisi dan Ritual Kematian Wong Islam Jawa”, Jurnal Kebudayaan Islam, Vol. 13, No. 2, Juli-Desember 2015

Puji Arfianingrum, (2020) Penerapan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Sesuai Dengan Konteks Tingkat Tutur Budaya Jawa, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3 (2), 137-141.

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Alifi, M., Muhlisah, S., & Syaifuddin, R. (2025). PENGGUNAAN KRAMA BAHASA JAWA SEBAGAI DASAR UTAMA PEMBANGUNAN MORAL ANAK USIA DINI DI MIN 1 LAMONGAN. Jurnal Sitakara, 10(1), 39–49. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/16709