PENGEMBANGAN ETUDE VIOLA TINGKAT INDRIA DI PROGRAM STUDI MUSIK FBS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Harpang Yudha Karyawanto Prodi Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Budi Dharmawanputra Prodi Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Joko Winarko Prodi Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rully Aprilia Zandra Prodi Seni Musik dan Tari, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan etude viola pada tingkat indria di Program Studi Musik. Masalah difokuskan pada kualitas etude dalam meningkatkan proses belajar mahasiswa musik peminatan instrumen viola. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori pengembangan dari Reiser dan Mollanda. Metode penelitian Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, penyebaran angket dan Teknik analisis data dalam proses pengembangan buku etude viola dasar deskriptif kualitatif, yaitu teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data berupa masukan, tanggapan dan saran akan dipilah dan dikelompokkan berdasarkan kategori sesuai keterangan ahli, kesesuaian ahli, kesesuaian dengan referensi dan kelogisan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keefektivan 90% dalam proses belajar mahasiswa dalam praktik bermain viola pada tingkat indria dengan menggunakan buku etude hasil pengembangan ini.

Kata Kunci: viola; etude; pengembangan buku etude.

References

Aeni, N. (2018). Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 752–762.

Arikunto. (2010). Suharsimi Arikunto.pdf. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X.

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016(1), 9502572.

Eneste, P. (2009). Proses Kreatif 1. Kepustakaan Populer Gramedia.

Gosling, D. (2009). Educational development in the UK: a complex and contradictory reality. International Journal for Academic Development, 14(1), 5–18. https://doi.org/10.1080/13601440802659122

Hargreaves, D. J., & North, A. C. (1999). The Functions of Music in Everyday Life: Redefining the Social in Music Psychology. Psychology of Music, 27(1), 71–83. https://doi.org/10.1177/0305735699271007

Ibrahim, N. S. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan (1st ed., Vol. 1). Sinar Baru.

Karyawanto, H. Y., Sarjoko, M., & Dewi, V. E. (2022). Variative etude as skill-forming on the Youth Level Viola major course at music study program. In Innovation on Education and Social Sciences (pp. 49–55). Routledge.

Morad, S., Ragonis, N., & Barak, M. (2021). An integrative conceptual model of innovation and innovative thinking based on a synthesis of a literature review. Thinking Skills and Creativity, 40, 100824. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100824

Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran. Kencana.

Riduwan, M. B. A. D. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung. Bandung: Alfabeta.

Sarjoko, M. (2023). Subject of Main Instruments (Violin) Madya Level Course In Music Study Program, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Surabaya. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 6(1), 44–56. https://doi.org/10.26740/vt.v6n1.p44-56

Sembiring, A. S., & Widiastuti, U. (2018). Analisis Bahan Ajar Instrumen Gitar Persiapan Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan. Gondang, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24114/gondang.v2i1.9761

Setyawan, D. M. (2018). Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar di SDN Magersari Kabupaten Rembang. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 1(3), 270–281.

Siallagan, F., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 68–74.

Smith, K. (2012). Lessons learnt from literature on the diffusion of innovative learning and teaching practices in higher education. Innovations in Education and Teaching International, 49(2), 173–182. https://doi.org/10.1080/14703297.2012.677599

Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. ALVABETA.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Minneapolis, Minnesota: leadership training institute/special education ….

Thorsteinsson, G., & Denton, H. G. (2003). The development of Innovation Education in Iceland: a pathway to modern pedagogy and potential value in the UK.

Widodo, T. W. (2013). Teknologi Komputer dan Proses Kreatif Musik Menuju Revitalisasi Pembelajaran Seni Musik. PROMUSIKA, 1(1), 1–6

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Karyawanto, H. Y., Dharmawanputra, B., Winarko, J., & Zandra, R. A. (2025). PENGEMBANGAN ETUDE VIOLA TINGKAT INDRIA DI PROGRAM STUDI MUSIK FBS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Sitakara, 10(1), 119–128. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/view/17874