PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 PALEMBANG

Authors

  • Tri Maetasari

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2339

Abstract

ABSTRAK 

Permasalahan   dalam   penelitian   ini   adalah   apakah   penggunaan   metode   demonstrasi   denganmedia   audio   visual   memberikan  pengaruh  terhadap  pembelajaran tari Sigeh Penguten kepada siswa kelasVIII   SMP   Negeri   31   Palembang. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui   pengaruh  penggunaan metode demonstrasi dengan media audio visual terhadap pembelajaran tari Sigeh Penguten kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang. Populasi   dalam   penelitian  ini   adalah   seluruh   siswa   kelas   VIII   di   SMP  Negeri   31  Palembang.Sampel  dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIII.1 yan g berjumlah  31 orang   siswa  SMP  Negeri  31Palembang.  Hipotesis   dalam  penelitian  ini  adalah  ada  pengaruh  penggunaan  metode  demonstrasi dengan media audio visual terhadap pembelajaran tari Sigeh Penguten kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Pada pengumpulan data menggunakan tes kerja. Teknik analisis data berbentuk deskriptif kuantitatifmenghitung dengan statistik. Teknik analisis data adalah tes unjuk kerja dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui hasil belajar siswa, kemudian hasil tes unjuk kerja akan dianalisis oleh peneliti guna mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode demonstrasi dengan media audio visual terhadap pembelajaran tari Sigeh Penguten terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang

 

Kata Kunci: Pengaruh, Demonstrasi, Audio Visual, Sigeh Penguten

References

Arikunto, Suharsimi. 2010 Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

________________. 2012 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan, 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan . Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru. Jakarta: PT. Mediapustaka Phoenik.

Downloads

Published

2019-01-08

How to Cite

Maetasari, T. (2019). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 3(2), 13–20. https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2339