ANALISIS BENTUK GERAK TARI PUTRI BERIAS DI SANGGAR STUDIO LINGGA KOTA LUBUKLINGGAU

Authors

  • Lia Paputri

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2340

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan  dalam  penelitian  ini adalah “ Bagaimana  Analisis  Bentuk Gerak   tari   Putri   Berias  Di   Sanggar  Studio  Kota  Lubuklinggau,†Tujuannya   untuk  mengetahui  Analisis  Bentuk  Gerak tari  Putri  Berias Di  Sanggar   Studio    Kota Lubuklinggau  dengan  menggunakan  Analisis bentuk  gerak  dalam  Kajian    Tari Teks dan Konteks Y. Sumandiyo Hadi   yang berisi 7 prinsip  bentuk. Metode   penelitian  yang  digunakan   oleh  peneliti   adalah    metode   deskriptif   kualitatif    Dengan   teknik   pengumpulan               data    observasi,   wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan konsep  Y. Sumandiyo Hadi yang berisi 7 prinsip bentuk yaitu kesatuan, variasi, repitisi atau ulangan, transisi atau perpindahan, rangkaian, perbandingan dan klimaks,diketahu bahwa (1) Kesatuan merupakan unsur satu kesatuan dalam tari yakni unsur gerak, ruang, dan waktu.  Dalam  gerak  pasti  akan  menggunakan  tenaga,  karena  dengan  adanya tenaga dalam sebuah gerak tari akan mempermudah penonton untuk memahami maksud dan makna dari apa yang ingin disampaikan penari. (2) Variasi terdapat ragam gerak Pakai Anting kaena melakukan gerakan ukel tangan kedalam dan keluar. (3) Repetisi atau Ulangan terdapat ragam gerak Tabur, Meliuk Penuh, Pakai Bedak, Pakai Alis, Pakai Lipstik, Sisir Rambut atau Gelungke Rambut, Pakai Gelang, dan Pakai Anting. (4) Transisi atau Perpindahan terdapat ragam gerak Meliuk Penuh, Tabur, Dan Ukel Tunduk. (5) Rangkaian pada rrangkaian terdapat ragam gerak keseluruhan dari awal hingga akhir. (6) Perbandingan dalam analisis bentuk gerak tari Putri Berias tidak dibahas atau dilakukan (7) Klimaks terdapat gerakan Meliuk Penuh, Ukel Tunduk , Lenggang Duduk, Pakai Bedak, Pakai Alis, Pakai Lipstik, Sisir Rambut atau Gelungke Rambut dan Sembah Akhir.

 

Kata Kunci: Analisis Bentuk Gerak, Tari Putri Berias

References

Dinas parawisata, 2015. Data base kebudayaan. Lubuklinggau: Disbudpar

Dharsono. 2007. Kritik Seni. Bandung: Rekayasa Sains

Hadi, Y Sumandiyo. 2007. Kajian teks dan konteks. ISI yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Pujileksono, Sugeng. 2015. Pengantar Antropologi Memahami Realitas Sosial Budaya

Malang : Intrans Publishing.

Pika. 2015. Bentuk Penyajian Tari Nugal Di Sanggar Cahaya Bumi Nusantara Tebing Tinggi Empat Lawang. Palembang: Universitas PGRI Palembang (skripsi)

Rochayati, Rully.2014. Pengantar Dasar Komposisi Tari. Palembang: Titik Awal

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sartono. 2007. Bahan Ajar Pengantar Pengetahuan Kesenian. Palembang: Universitas PGRI Palembang

Smith, Jacqueline. 1995. Komposisi Tari Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru Yogyakarta: Ikalasti Yogyakarta.

Wahyudiyanto. 2008. Pengetahuan Tari. Surakarta: Rineka Cipta

Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Malang: Bumi Aksar

Downloads

Published

2019-01-08

How to Cite

Paputri, L. (2019). ANALISIS BENTUK GERAK TARI PUTRI BERIAS DI SANGGAR STUDIO LINGGA KOTA LUBUKLINGGAU. Jurnal Sitakara, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2340