TATA RIAS DAN BUSANA TARI SERASAN SEANDANAN DI KABUPATEN OKU SELATAN

Authors

  • Nurdin Nurdin

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2342

Abstract

ABSTRAK

Tata rias dan busana merupakan salah satu unsure pendukung yang sangat penting dalam sebuah seni pertunjukan tidak terkecuali pada pertunjukan seni tari. Bukan sekedar untuk memperindah dan mempercantik sebuah karya seni bahkan lebih dari itu,tata rias dan busana dijadikan media untuk untuk mengungkapkan dan mengimplementasikan keunikan sejarah dan kekayaan setiap daerah yang ada di Indonesia. Nusantara memiliki ribuan kebudayaan dan kearifan lokal (local genius) yang setiap daerahnya menandung persepektif keindahan yang berbeda satu sama lainnya. Berdasarkan bagian tubuh manusia yang terdiri dari kepala, badan/torso, lengan dan kaki, terdapat perbedaan penggunaan tat arias dan busana setiap daerah yang dapat dilihat berdasarkan topografi, sosial, budaya dan kepercayaan masing-masing. Dalam tari serasan Seandanan tata rias dan busana yang digunakan memiliki makna dan filosopi tersendiri yang melambangkan keunikan Kabupaten OKU Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan metode obdervasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan yang dipilih adalah triangulasi data yang bertujuan untuk menjabarkan hasil penelitian yang akurat dan valid. Hasil penelitian yang dicapai adalah deskripsi tata rias busana tari Serasan Seandanan di Kabupaten OKU Selatan.

Kata Kunci: Tata Rias, Busana, Seni Pertunjukan

References

Murgianto, 2009. Ekspresi Jurnal Penelitian dan Penciptaan Seni. Yogyakarta: CV.Arindo Nusa Media.

Poerwanto Hari, 2000. Kebudayaan dan Lingkungan dalam Perspektif Antropologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metode Penelitian Kajian Ilmu Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

https://www.google.id/amp/s/ibnudin.net/pengertian-ciri-unsur-kebudayaan/amp/

internet-jendela-ilmu.blogspot.com/2011/03/tata-rias-dan-busana.html?m=1

Downloads

Published

2019-01-08

How to Cite

Nurdin, N. (2019). TATA RIAS DAN BUSANA TARI SERASAN SEANDANAN DI KABUPATEN OKU SELATAN. Jurnal Sitakara, 3(2), 42–49. https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2342