BENTUK PENYAJIAN TARI RODAT DI JAMA’ATUL IHSAN 35 ILIR KOTA PALEMBANG

Authors

  • Qumala Sari

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2343

Abstract

ABSTRAK 

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk penyajian tari Rodat di Jama’atul Ihsan 35 ilir kota Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk penyajian tari Rodat di Jama’atul Ihsan 35 ilir kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jama’atul Ihsan 35 Ilir kota Palembang. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kgs. Muhammad Azmi Makmur MA dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tari Rodat merupakan kesenian tari tradisional yang bernapaskan Islam, dimana tari ini digunakan untuk misi berdakwah dan menyebarkan agama Islam karena dalam tari ini terdapat syair-syair pujian kepada Allah Swt dan Rasul-Nya. Tari ini berkembang seiring dengan tradisi memperingati Maulid Nabi di kalangan umat Islam di kota Palembang. Tari Rodat ditarikan dengan Leyek (menari sambil duduk). Tari ini biasanya ditarikan oleh kaum laki-laki yang berdominan anak-anak remaja. Penari tari Rodat berjumlah 12 orang atau penarinya harus berjumlah genap. Sedangkan pemusik dalam tari Rodat terdapat tiga bagian yaitu: penabuh umak, penabuh ningka, pengiring ningka. Tari Rodat ini biasanya tergabung dalam PPSA (Perkumpulan Pelajar Syarofal Anam). PPSA Jama’atul Ihsan sudah ada sebelum Indonesia mendapatkan kemerdekaannya yang didirikan oleh yang biasanya disapa dengan Anang Bintang yang merupakan orang asli dari Palembang. Tari Rodat ditampilkan pada acara memperingati Maulid Nabi, acara khitanan, acara peresmian nama dan hari-hari besar Islam.

Kata Kunci : Bentuk Penyajian, Tari Rodat,Palembang

References

Elvandari, Evita. 2014. Koreografi (Proses Penciptaan Tari). Palembang : Universitas PGRI Palembang.

Laksana, Robert Budi, Dkk. 2011. Bahan Ajar Sosiologi Tari. Palembang : Universitas PGRI Palembang.

Sartono. 2008. Pengantar Pengetahuan Kesenian. Palembang : Universitas PGRI Palembang.

Sedyawati, Edi, Dkk. 2009. Sejarah Kebudayaan Indonesia: Seni Pertunjukan dan Seni Media. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Utomo, Bambang Budi. 2005. Perkembangan Kota Palembang dari Wanna Sriwijaya Menuju Palembang Modern. Palembang : Pemerintah Daerah Kota Palembang Paguyuban Masyarakat Peduli Musi.

Downloads

Published

2019-01-08

How to Cite

Sari, Q. (2019). BENTUK PENYAJIAN TARI RODAT DI JAMA’ATUL IHSAN 35 ILIR KOTA PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2343