FUNGSI TARI PERSEMBAHAN TEPAK SIRIH DALAM MEMERIAHKAN ACARA HBD INDONESIA DI BKB PALEMBANG

Authors

  • Treny Hera

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2344

Abstract

ABSTRAK

Apresiasi penonton dinilai berpengaruh terhadap pertunjukan tari ketika suatu tarian berfungsi sebagai tontonan dan hiburan yang memberikan pengalaman estetis bagi yang menyaksikan pertunjukannya. Pengalaman estetis tersebut dapat dicapai dan dirasakan oleh penonton sebagai apresiator melalui indera visualnya saat penonton menyaksikan pertunjukan tari dari awal hingga akhir pertunjukan. Di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan tari berfungsi sebagai hiburan dan tontonan dalam sebuah konteks pertunjukan. Elemen pertunjukan tari perlu diapresiasi diantaranya gerak tari, musik tari, pola lantai, dan tata busana sehingga elemen pertunjukan sebuah tarian akan memiliki fungsi dalam memperoleh apresiasi penonton yang nantinya akan menentukan kualitas sebuah pertunjukan. Beragamnya elemen tari yang dipertunjukkan akan menunjukkan nilai estetis sebuah pertunjukan tari dan memberi suatu pengalaman seni bagi penonton sebagai penikmat yang terhibur melalui tontonan yang dipertunjukkan.

Kata Kunci : Fungsi, Pertunjukan, Tari

References

http://palembang.tribunnews.com/2018/08/05/73-penari-universitas-pgri-meriahkan-hari-belanja-diskon- indonesia-di-bkb

http://sumateranews.co.id/?p=2323

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metode Penelitian Kajian Ilmu Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Soedarsono. 2002. Seni Pertunjukan Indonesia. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Suharto, Ben. 1999. Tayub: Pertunjukan dan Ritus Kesuburan. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).

Downloads

Published

2019-01-08

How to Cite

Hera, T. (2019). FUNGSI TARI PERSEMBAHAN TEPAK SIRIH DALAM MEMERIAHKAN ACARA HBD INDONESIA DI BKB PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 3(2), 60–68. https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2344