BENTUK GERAK TARI SRIMPI KADANG PREMATI SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SEJARAH DAN ANALISIS TARI DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Rully Rochayati

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2345

Abstract

Abstrak 

Sejarah dan Aanalisis Tari, adalah salah satu mata kuliah yang ada di semester 6 (enam) di Program Studi Pendidikan Sendratasik Jurusan Pendidikan Kesenian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang. Mata kuliah teori yang berisi tentang pengetahuan sejarah dan analisisnya. Salah satu pembahasannya tentang analisis tekstual. Salah satu yang akan dibahas adalah analisis bentuk gerak dengan materi tari Srimpi Kadang Premati. Pemilihan tari Srimpi Kadang Premati sebagai materi ajar karena dalam konsep bentuk gerak, tari Srimpi Kadang Premati memiliki kompleksitas yang dapat dikaji, dianalisa, dan dapat juga dipelajari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung, dan kajian dokumen. Sedangkan Validitas data guna memperoleh hasil data yang maksimal terjabarkan dalam proses pemaparan hasil penelitian, pembahasan dan penarikan simpulan. Dengan adanya validitas data triangulasi yang digunakan: triangulasi data, triangulasi metode.  Hasil penelitian yang dicapai adalah adanya relevansi materi dengan mata kuliah yang ada. Pemilihan materi tersebut dengan berbagai pertimbangan yang matang sehingga dengan begitu semua proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan materi pembelajaran dapat diterima serta dipahami oleh mahasiswa.

Kata Kunci: Bentuk Gerak, Tari Srimpi kadang Premati, Materi Pembelajaran

References

Hadi, Y. Sumandiyo, 1996. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: Manthili.

_________________, 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Ismunandar K, R. 1986. Joglo: Arsitektur Rumah Tradisional Jawa. Semarang: Dahara Prise.

Prawiroatmodjo,S. 1980. Bausastra Jawa—Indonesia, Jakarta: Gunung Agung.

Smith. Jacqueline, Terj: Ben Suharto. 1985. Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru, Yogyakarta: Ikalasti.

Sudarsono,dkk, 1978. “Kamus Istilah Tari dan Karawitan Jawaâ€, Jakarta: Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.

Suharto, Benedictus. 1990. “Dance Power: The Concept of Mataya in Yogyakarta Danceâ€, Los Angeles: University Of California.

Downloads

Published

2019-01-08

How to Cite

Rochayati, R. (2019). BENTUK GERAK TARI SRIMPI KADANG PREMATI SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SEJARAH DAN ANALISIS TARI DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 3(2), 69–81. https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2345