KAJIAN SOSIOLOGI TARI KEBAGH DI MASYARAKAT DESA PENGANDONAN KOTA PAGAR ALAM

Authors

  • Rani Chintia Sari MTS Al-Amalul Khair Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i2.3254

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian sosiologi tari Kebagh di Desa Pengandonan Kota Pagar Alam, dengan menggunakan teori sosiologi tari oleh Supriantini yaitu terfokus pada sebuah perubahan pada pertunjukan tari Kebagh.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian ini menggunakan enam narasumber berkompeten dibidang seni yang dapat mewakili untuk mendapatkan data penelitian yang dibutuhkan.Objek dalam penelitian ini yaitu sosiologi tari Kebagh di masyarakat pengandonan yang terfokos pada perubahan pertunjukan tari Kebagh dalam tradisi yang ada di masyarakat.Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu membandingkan data hasil observasi mengenai perubahan pertunjukan tari Kebagh, peneliti mencocokkan hasil wawancara dari berbagai sumber tersebut memiliki keterangan yang pada dasarnya sama dengan teknik keabsahan data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kajian sosiologi tari Kebagh mengalami perubahan dalam pertunjukannya, tari Kebagh dulunya dipertunjukan dalam ritual sosiomagis seperti acara Negak Mubungan dan penyembelihan hewan kerbau kini berubah menjadi kebutuhan modern pengguna sebagai produk komersil yaitu dipertujukan di acara-acara penyambutan tamu dan hiburan pernikahan. Perubahan di masyarakat disebabkan oleh faktor terbesar pada masyarakat sendiri sebagai pelaku pengubah, untuk memenuhi kebutuhan serta mengikuti perkembangan zaman.

 

Kata Kunci: Sosiologi Tari Kebagh.

References

Hadi,Y. Sumandiyo. Revitalisasi Tari Tradisional.Yogyakarta : Cipta Media 2018.

Narwoko dkk.2004. Sosiologi Teks Penghantar dan Terapan.Jakarta : KTD.

Nyoman kuntha R. 2010.Metodologi PenelitianKajian Budaya Dan Ilmu-IlmuSosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Safitri. 2015. “Fungsi Tari Kebagh Di Daerah Besemah Kota Pagar Alam “. Skipsi.FKIP, Bahasa, dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Soekanto.1990. Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta : PT Rajagrafindo persada 1995.

Soekanto.2003. Sosiologi Teks Penghantar dan Terapan Jakarta Kencana.

Sri Rochana W. 2012. Revitalisasi Tari Gaya Surakarta.Surakarta : Pascasarjana ISI Surakarta.

Sri Rochana W. 2007. Tayub Di Blora JawaTengah Seni Pertunjukan RitualKerakyatan. Surakarta : Pascasarjana ISI Surakarta.

Supriantini.2014. Sosiologi Tari.Palembang : Noer Fikri Offet Perpustakaan Nasional (KTD).

Univ PGRI Palembang 2019.Buku Pedoman Skipsi. Palembang. Universitas PGRI Palembang

Wadiyo. 2008. Sosiologi Seni. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.

Downloads

Published

2019-10-29

How to Cite

Sari, R. C. (2019). KAJIAN SOSIOLOGI TARI KEBAGH DI MASYARAKAT DESA PENGANDONAN KOTA PAGAR ALAM. Jurnal Sitakara, 4(2), 30–44. https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i2.3254