PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK PADA HASIL PEMBELAJARAN TARI TOPENG IRENG DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALEMBANG

Authors

  • Nemi Karolina MTS Al Mujahidin Kabupaten Musi Rawas

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i2.3257

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh  siswa di SMP Negeri 15 Palembang masih kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran seni budaya, susah untuk menghafal gerak, dan kurangnya kerja sama antar individu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar tari topeng ireng di kelas VIII SMP Negerii 15 Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi sebanyak 287 siswa, sedangkan sampel diambil dengan penarikan sampel random sampling, sehingga sampel berjumlah 1 kelas atau sebanyak 31 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas data dan uji hipotesis data dari hasil analisis tersebut di peroleh thitung = 3,487 lebih besar dari t0,05harga ttabel =1,70 maka dari itu bahwa hipotesis yang diterima adalah Ho ditolak dan Ha diterima atau thitung ≥ttabel ( 3,487 ≥ 1,70 ) dari hasil tersebut dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran gerak tari topeng ireng dengan menggunakan metode kerja kelompok dari kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang.

 

Kata kunci  : Metode Kerja Kelompok, Tari Topeng Ireng.

References

Anwar, Desi. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Modern. Surabaya: Amelia

Arikunto, Suharsimi.2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Faradillah Desy, Treny Hera. 2016.Sitakara.Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Tari Tangga Pada Ssiswa Kelas VIII Di SMP Negeri 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Seni Dan Seni Budaya. II (2), 40.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hapsari, Lisa. 2013. Fungsi Topeng Ireng Di Kurahan Kabupaten Magelang. Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni .13(2),139-140.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Matondang, Zulkifli. 2009. Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian.JurnalTabularasa PPS Unimed. 6(1),41.

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta CV.

Downloads

Published

2019-10-29

How to Cite

Karolina, N. (2019). PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK PADA HASIL PEMBELAJARAN TARI TOPENG IRENG DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 4(2), 63–75. https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i2.3257