ELEMEN ESTETIS KOREOGRAFI TARI CANG-CANG DI KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Authors

  • Emy Admala Yuliarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3521

Abstract

Abstrak

 

Tari Cang-Cang merupakan tarian khusus dalam upacara adat perkawinan yang diperuntukan bagi kedua belah mempelai yang ada di Kayuagung. Elemen estetis koreografi tari Cang-Cang adalah dasar dari dalam tari yang tidak dapat terlepas dari kesatuan yang merupakan gerak-ruang-waktu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah Elemen Estetis Koreografi tari Cang-Cangâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah elemen estetis koreografi tari Cang-Cang di Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan menggunakan teori Y.Sumandio Hadi yang meliputi gerak sebagai elemen estetis koreografi, ruang sebagai elemen estetis koreografi, waktu sebagai elemen estetis koreografi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif yang terdiri dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data mengenai elemen estetis koreografi tari Cang-Cang di Kayuagung. Dari hasil penelitian yang didapat, peneliti menyimpulkan bahwa tari Cang-Cang adalah sebagai tari tradisional modern yang memiliki makna yaitu memberikan sajian khusus kepada tamu yang datang dan sebagai simbolis adanya ikatan bebesanan. Hasil penelitian berdasarkan konsep Y.Sumandio Hadi bahwa kesatuan tari yang utuh tidak dapat dipisahkan terdiri dari gerak-ruang-waktu.

 

Kata Kunci : Elemen estetis, koreografi, tari Cang-Cang.

References

Bahari, N. (2014). Kritik Seni Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Budi, R. L. (2017). Pengetahuan Dasar Kesenian. Depok: PT Rajarafindo Persada.

Hadi, Y. (2007). Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

. (2016). Koreografi Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media.

. (2018). Revitalisasi Tari Tradisional. Yogyakarta: Cipta Medika.

Maryono. (2015). Analisis Tari. Surakarta: ISI Press.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, F. (2015). Kajian EStetis Koreografis Tari Gembyong Retno Kusumo Di Sanggar Soerya Soemirat Kota Surakarta . Seni Tari, 1.

Rochayati, R. (2014). Sejarah dan Analisis Tari. Palembang: Penerbit Komunitas Titik Awal.

. (2017). Seni Tari Atara Ruang dan Waktu. Sitakara : Jurnal Pendidikan Seni Dan Seni. 2017. Edisi 3 No. 3. Prodi Sendratasik : FKIP Universitas PGRI Palembang.

. (2019). Bentuk Gerak Tari Srimpi Kadang Premati Sebagai Materi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Sejarah Dan Analisis Tari Di Universitas PGRI Palembang. (Online), https://jurnal.univpgri palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/download/2345/2159.

Safirah, A. (2018). Kajian Dinamika Pertunjukan Tari Rumeksa Di Kota Purwokerto. SeniTari, 1.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Supriantini. (2014). Sosiologi Tari. Palembang: Noer Fikri Offset.

Widyastutieningrum, S R dan Dwi W. (2014). Pengantar Koreografi. Surakarta : ISI Press Surakarta.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Yuliarti, E. A. (2020). ELEMEN ESTETIS KOREOGRAFI TARI CANG-CANG DI KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Jurnal Sitakara, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3521