PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ALUR CERPEN UNTUK ANAK SDN 52 PALEMBANG

Authors

  • Sri Wahyu Indrawati Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3524

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan menjelaskan alur cerpen untuk anak SDN 52 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen model Posttest-Only Control Design dengan membagi sampel ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas 5a berjumlah 33 orang dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas 5b berjumlah 33 orang. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir berbentuk esai berjumlah 5 butir soal. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 3,39 ≥ 1,669. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar cerpen untuk anak SDN 52 Palembang.

                                                                                                                              

Kata Kunci: Model pembelajaran, Course Review Horay, Cerpen.

References

Ahmad, Syarwani dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 1988. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa. Bandung: Yrama Widya.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rosnawati. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Merangkum Wacana Siswa Kelas V SD Negeri 28 Pemulutan Ogan Ilir (Skripsi tidak Diterbitkan). Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Setiyaningsih, Ika dkk. 2014. Bahasa Indonesia Mata Pelajaran Wajib. Klaten: Intan Pariwara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soetopo, Sungkowo. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media.

Waluyo, Herman J. 1992. Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Indrawati, S. W. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ALUR CERPEN UNTUK ANAK SDN 52 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3524