PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ALUR CERPEN UNTUK ANAK SDN 52 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3524Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan menjelaskan alur cerpen untuk anak SDN 52 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen model Posttest-Only Control Design dengan membagi sampel ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas 5a berjumlah 33 orang dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas 5b berjumlah 33 orang. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir berbentuk esai berjumlah 5 butir soal. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 3,39 ≥ 1,669. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar cerpen untuk anak SDN 52 Palembang.
                                                                                                                             Â
Kata Kunci: Model pembelajaran, Course Review Horay, Cerpen.
References
Ahmad, Syarwani dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 1988. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa. Bandung: Yrama Widya.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rosnawati. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Merangkum Wacana Siswa Kelas V SD Negeri 28 Pemulutan Ogan Ilir (Skripsi tidak Diterbitkan). Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Setiyaningsih, Ika dkk. 2014. Bahasa Indonesia Mata Pelajaran Wajib. Klaten: Intan Pariwara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soetopo, Sungkowo. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media.
Waluyo, Herman J. 1992. Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Sitakara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Sitakara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Sitakara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Sitakara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Sitakara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Sitakara entitles the author(s) to no royalties or other fees.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .