PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA SMP NEGERI 13 PALEMBANG

Authors

  • Yuspar Uzer Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3526

Abstract

Abstrak

 

Proses pembelajaran membutuhkan peran serta guru dalam memilih dan menentukan suatu model pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi sehingga dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa untuk memahami konsep dari materi yang diberikan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap kemampuan menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence di siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Hipotesis dalam penelitian ini pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap kemampuan menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas di siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang sangat signifikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen true experimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran complete sentence berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t dengan hasil 5, 68 > 1,671, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

 

Kata Kunci: Complete Sentence, Menulis teks berita

References

Annurahman, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Guru. Yogyakarta: Andi,https://www.academia.edu/5526304/makalah_menulis?auto=download (Diunduh 4 Mei 2016, 12.00).

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Rukayah. 2013. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Medan: Persada.

Sorongan, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Melengkapi Cerita Rumpang (Hilang) Siswa Kelas IV SG Gmim Sumarayar. Jurnal Online Fakultas Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No.1, http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jfip/article/view/2774 (Diunduh 4 Mei 2016, 14.00 wib).

Sudjana. 2013. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, Haris AS. 2011. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thohri, Muhamad, dkk. 2008. Bahasa Indonesia 1. Surabaya : LAPIS PGMI, https://www.academia.edu/5526304/makalah_menulis?auto=download (Diunduh 4 Mei 2016, 12.00)

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Uzer, Y. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3526