PEWARISAN RABAB PIAMAN DI KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPTEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Irfan Kurniawan Dosen FKIP Universitas Pgri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3528

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kondisi Rabab Piaman dalam kehidupan masyarakat dewasa ini dan pewarisannya dalam kehidupan masyarakat di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Kenyataannya yang ditemukan sekarang seniman tradisi Rabab Piaman bertarung melawan perubahan nilai akibat modrenisasi, yang mengakibatkan menurunya eksistensi pertunjukanya dalam masyarakat kecamatan Lubuk Alung. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengkuti langkah-langkah Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pewarisan Rabab Piaman terdiri dari bagian-bagian yang saling terkait satu sama lainnya, yaitu pewarisan enkulturasi dan pewarisan sosialisasi. Selanjutnya, dari  hasil penelelitian juga ditemukan bahwa sistem pewarisan Rabab Piaman di kecamatan Lubuk Alung mempunyai cara tersendiri. Secara tradisi ada dua tahapan dalam pewarisan Rabab Piaman di Nagari Lubuk alung, yaitu; (1) pewarisan secara non fisik, yakni Melengkapi syarat-syarat baraja (belajar) Rabab Piaman, dan (2) pewarisan secara fisik, yakni praktik belajar memainkan Rabab Piaman.

 

Kata Kunci:  Pewarisan, Rabab Piaman,  kecamatan Lubuk Alun.

References

Arafah, B. (2003). Warisan Budaya, Pelestarian dan Pemanfaatannya. Artikel, Fakultas Ilmu Budaya UNHAS.

Hajizar, 1998. Tradisi Pertunjukan Rabab Minangkabau. Bandung: MSPI. Hal 39.

Hajizar, H. (2019). Tradisi Musik Rabab Di Daerah Pesisir Minangkabau (Rabab Piaman Dan Rabab Pasisia). Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan, 5(2), 184-200.

Kurniawan, I. (2019). Ketermarginalan Seni Pertunjukan Rabab Piaman Di Kecamatan Lubuk Alung Pariaman Sumatera Barat. Jurnal sitakara, 4(1).

Kurniawan, I. (2016). Kontradiksi Kebijakan Industri Kreatif Dan Usaha Pelestarian Kesenian Tradisi (Kasus Seni Pertunjukan Luambek). Besaung: Jurnal Seni, Desain dan Budaya, 1(2).

LKAAM, 1987. Pelajaran Adat Minangkabau (Sejarah dan budaya). Padang: LKAAM.

Koentjaraninggrat, 2009, Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Poerwanto, Hari, 2006. Kebudayaan dan Lingkungan Dalam Perspektif Antropologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sedyawati, 2014. Kebudayaan di Nusantara Dari Keris, Tor-tor, Sampai Industri Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Kurniawan, I. (2020). PEWARISAN RABAB PIAMAN DI KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPTEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Sitakara, 5(1), 82–93. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3528