BENTUK GERAK TARI KAIN DI SANGGAR DEWAN KESENIAN MUSI RAWAS

Authors

  • Pransiska Sepriyanti Praktisi Tari Kabupaten Musi Rawas

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3530

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah bentuk gerak tari Kain di Sanggar Dewan Kesenian Musi Rawas Kabupaten Musi Rawas dengan menggunakan teori prinsip bentuk dari Sumandiyo Hadi yang berisi tujuh prinsip bentuk gerak. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif yang terdiri dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data mengenai bentuk gerak tari Kain di Sanggar Dewan Kesenian Musi Rawas. Dari hasil penelitian yang di dapat peneliti menyimpulkan bahwa tari Kain adalah tari sambut yang mempunyai makna dimana tradisi masyarakat yang mengistimewakan tamu, dimana tamu Laki-laki yang datang akan diberikan Kain.

 

Kata Kunci : Tari Kain, Bentuk Gerak

References

Fitriani, S. (Edisi 2, 2018). Analisis Bentk Gerak Tari Turak Sanggar Studio Ligga Kota Lubuklinggau. Dalam sitakara: Pendidikan Seni dan Seni.

Hadi, Y. (2016). Koreografi Bentuk Teks Isi. Yogyakarta: Cipta Media.

.(2018). Revitalisasi Tari Tradisional. Yogyakarta: Cipta Medika.

. (2007). Kajian Tari Teks Dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hera, T. (Edisi 2, 2016). Makna Gerak Tari Gending Sriwijaya di Sanggar Dinda Bestari Kota Palembang. dalam sitakara: Pendidikan Seni dan Seni.

Moleong, L. J. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandug : PT Remaja Rosdakarya.

Paputri, L. (2019). Analisis Bentuk Gerak Tari Putri Berias Di Sanggar Studio Lingga Kota Lubuklinggau. (online), https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sitakara/article/download/2340/2154, (diakses 20 Maret 2019)

Robert Budi Laksana, S. M. (2017). Pengetahuan Dasar Kesenian. Depok: PT Rajarafindo Persada.

Rochayati, R. (2019). Bentuk Gerak Tari Serimpi Kadang Premati Sebagai Materi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Sejarah Dan Analisis Tari di Universitas PGRIPalembang,(Online), https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/sitakara/article/download/2345/2159, (diakses pada 3 Mei 2019)

..(2017). Menuju Kelas Koreografi. Palembang: Komunitas Lumbung Kreatif.

.(2014). Sejarah Analisis Tari. Palembang: Komunitas Titik Awal.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sihana, H. d. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Insan Cendikia.

Sitakara. (2018). Jurnal Pendidikan Seni dan Seni. Universitas PGRI Palembang: Palembang.

Smith, J. (1985). Komposisi Tari : Sebuah Pertunjukan Praktis Bagi Guru. Yogyakarta: Ikalasti.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: CV Alvabeta.

. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Widaryanto, F. (2005). Kritik Tari gaya, struktur, dan makna. Bandung: Kelir.

.. (2011). Antropologi Tari. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Sepriyanti, P. (2020). BENTUK GERAK TARI KAIN DI SANGGAR DEWAN KESENIAN MUSI RAWAS. Jurnal Sitakara, 5(1), 103–116. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3530