FUNGSI TARI MAPAK ADAT MUARA KUANG SEBAGAI TARI SAMBUT

Authors

  • Nadia Rahma Aprilia FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Treny Hera FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i2.4779

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Fungsi Tari Mapak Adat Muara Kuang Pada Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan dan Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini ditemukan tiga fungsi tari Mapak Adat Muara Kuang pada Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir, yaitu : (1) Fungsi tari Mapak Adat Muara Kuang sebagai upacara selamatan rumah, didalam rangkaian upacara tersebut terdapat pertunjukan tari Mapak Adat Muara Kuang sebagai pelengkap yang ditampilkan pada saat pembukaan upacara. (2) Fungsi kedua sebagai tontonan yaitu tari Mapak Adat Muara Kuang di adakan pada acara penyambutan tamu agung atau tamu kehormatan yang datang ke Kelurahan Muara Kuang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir yang mana biasanya ucapan selamat datang disimbolkan dengan pemberian Tepak sirih oleh penari kepada tamu yang datang. (3) Fungsi ketiga sebagai hiburan yaitu tari Mapak Adat Muara Kuang yang biasa ditampilkan pada acara perkawinan, khitanan dan pesta rakyat.

 

Kata Kunci : Fungsi Tari , Tari Mapak Adat Muara Kuang

References

Bahari, N. (2014). Kritik Seni. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hadi, Dkk. (2018). Kegiatan Ekstra Kurikuler Tari Tradisiona Meusree-Saree Di Sdit Al-Fityan Lampeuneurut Aceh Besar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. (Vol.III, No.1).

Hera, T. (2018). RANGSANG AUDIO SEBAGAI MOTIVASI PADA PENCIPTAAN KARYA TARI TUNGGU TUBANG DALAM PEMBELAJARAN KOREOGRAFI DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. JURNAL SITAKARA, 3(1), 58-68.

Hera, T. (2018, July). ASPEK-ASPEK PENCIPTAAN TARI DALAM PENDIDIKAN. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 5, No. 05).

Hera, T. (2019). Fungsi Tari Persembahan Tepak Sirih Dalam Memeriahkan Acara Hbd Indonesia Di Bkb Palembang. Jurnal Sitakara, 3(2), 60-68.

Heriyawati, Y. (2016). Seni Pertunjukan Dan Ritual . Yogyakarta: Penerbit Ombak .

Jazuli, M. (2008). Paradigma Kontekstual Pendidikan dan Seni. Semarang: Unesa University Press.

Kherid, Zaitun Y.A. (2020). Model Pembelajaran Kognitif dan Gender Tahap Hasil Karya Lukis. Jurnal Unj (Vol.03, No.01).

Koentjaraningrat. (2015). Pengantar ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Rochayati, Rully, and Treny Hera. "ESTETIKA TARI MELAJU DENGAN MUTU." JURNAL SITAKARA 4.2 (2019): 21-29.

Soedarsono. (1972). Djawa dan Bali. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Aprilia, N. R., Wardiah, D., & Hera, T. (2020). FUNGSI TARI MAPAK ADAT MUARA KUANG SEBAGAI TARI SAMBUT. Jurnal Sitakara, 5(2), 40–52. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i2.4779