MAKNA SIMBOLIK RAGAM HIAS PADA RUMAH LIMAS PALEMBANG

Authors

  • Ferri Hidayad FKIP Universitas PGRI.Palembang
  • Decky Kunian FKIP Universitas PGRI.Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i2.4780

Abstract

ABSTRAK

 

Rumah Limas atau rumah Bari merupakan arsitektur tradisional Palembang yang paling terkenal karena corak dan bentuk serta kepadatan seni ukir di dalam rumah tersebut dan disertai kemegahannya. Semua ini menggambarkan tingginya tingkat kebudayaan suku bangsa yang memilikinya. Disebut Limas karena mengandung makna “lima†dan emas kelima emas itu berturut-turut memiliki arti : (1) keagungan dan kebesaran, (2) rukun dan damai, (3) memiliki adab sopan santun, (4) aman, subur sentosa, (5) makmur sejahtera Motif yang mengacu pada tumbuh-tumbuhan memiliki  fungsi sakral atau simbol, fungsi sakral atau simbolik yang melekat pada ornamen dalam rupa tumbuh-tumbuhan dilatari oleh konsepsi pandangan masyarakat Palembang. Maknanya bahwa pemilik rumah Limas mempunyai jiwa besar, memiliki strata sosial yang tinggi dengan ekonomi yang tinggi, serta memiliki kemakmuran.

 

Kata Kunci: Makna Simbolik, Ragam Hias, Rumah Limas

References

Koentjaraningrat. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djembatan. 1990.

Rohendi, Tjetjep. Ekspresi Seni Orang Miskin : Adaptasi Simbolik Terhadap Kemiskinan., ringkasan Disertasi Jakarta: Universitas Indonesia. 1993.

Siswanto, Ari dkk. 1997. Rumah Limas Palembang (Laporan Penelitian). Palembang; Lembaga Penelitian Universitas Sriwijaya.

Soedarso, SP. 2006. Trilogi Seni – Penciptaan, Eksistensi, dan Kegunaan Seni. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Sukanti dan Sudarsono Yus. 1993. Ragam Hias Ukiran pada Rumah Tradisional Sumatera Selatan. Palembang: Museum Negeri Bala putra dewa.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung

Wawancara: Juni Satriawan, Juli 2020.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Hidayad, F., & Kunian, D. (2020). MAKNA SIMBOLIK RAGAM HIAS PADA RUMAH LIMAS PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 5(2), 53–61. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i2.4780