TRANSPOSISI TTI (TRANSFER, TRANSLATION, IMITATE) DALAM PEMBELAJARAN NOTASI MUSIK MELALUI SCORE CREATOR

Authors

  • A Heryanto FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Dedy Firmansyah FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i2.4782

Abstract

ABSTRAK

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah Konsep Transposisi TTI (Transfer, Translation, Imitate) dalam Pembelajaran Notasi Musik melalui Score Creator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan tentang penerapan Transposisi TTI (Transfer, Translation, Imitate) dalam Pembelajaran Notasi Musik melalui Score Creator. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Konsep Transposisi TTI (Transfer, Translation, Imitate) dalam Pembelajaran Notasi Musik melalui Score Creator ini dapat efektif dan efisien dengan 6 tahapan: 1) Hal pertama yang perlu guru lakukan adalah menginstruksikan kepada siswa untuk membawa Handphone Android dengan mendownload aplikasi Score Creator pada Google Play Store. 2) Sebelum mengklik menu ‘Aplikasi Score Creator’ 3) Langkah ke tiga ini adalah tahapan menggunakan aplikasi Score Creator di Handphone siswa masing-masing. 4) Pada tahapan inilah pelatih atau guru dapat mengklarifikasi kepada siswa tentang Notasi sebuah lagu. 5) Langkah berikutnya adalah tahapan  “Imitation 6) Langkah terakhir yakni siswa dapat mengulang-ulang memutar “Play†dan (menirukan) bunyi terjemahan Notasi pada aplikasi Score Creator secara mandiri.

 

Kata Kunci : Score Creator,Transposis ( Transfer, Translation, Imitate), Notasi Musik

References

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Heryanto, A., & Firmansyah, D. (2020). TRANSPOSISI TTI (TRANSFER, TRANSLATION, IMITATE) DALAM PEMBELAJARAN NOTASI MUSIK MELALUI SCORE CREATOR. Jurnal Sitakara, 5(2), 77–85. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i2.4782