BUKIT SIGUNTANG DALAM PENGEMBANGAN KONSEP RUANG KOREOGRAFI LINGKUNGAN TARI

Authors

  • Rully Rochayati Dosen Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP UPGRI Palembang
  • Eva Dina Chairunisa FKIP UPGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5284

Keywords:

Bukit Siguntang, pengembangan, ruang koreografi lingkungan

Abstract

Bukit Siguntang salah satu tempat wisata religius  merupakan tempat yang sejuk dengan lingkungan yang asri. Selain itu memiliki banyak cerita yang dapat diangkat dalam bentuk-bentuk seni pertunjukan. Tujuannya memberikan satu wacana baru kepada masyarakat tentang konsep keruangan tari yang representatif. Memberikan suatu pemahaman tentang tari dalam wujud yang berbeda yaitu koreografi lingkungan.Metode penelitian adalah diskriptif kualitatif, untuk proses menentukan apakah Bukit Siguntang dapat digunakan sebagai ruang tari menggunakan konsep moving from within Alma M. Hawkins. Berdasarkan hasil penjelajahan ruang Pucuk Rebung lebih  sempit dibandingkan dengan Puncak Mahameru Siguntang. Ruang Pucuk Rebung dapat dieksplorasi secara maksimal dengan memanfaatkan tugu, kolam dan pelataran. Sedangkan area Puncak Mahameru Siguntang hanya dapat dieksplorasi pada pelataran, jembatan penghubung dari tiga kolam. Untuk Tangga Sebelah Timur didominasi oleh bebatuan buatan, hasil temuan adalah konsep ruang yang cukup luas dan terpisah-pisah melibatkan penari yang lebih banyak, dengan menempatkan penari dari beberapa tempat strategi dari area.

 

References

Cheney, G. (1999). Konsep-Konsep Daras Dalam Modern Dance. Yogyakarta: manthili.

Coedes, G., Damais, L. C., Kulke, H., & Manguin, P. Y. (2014). Kedatuan Sriwijaya. Depok: Komunitas Bambu.

Hadi, y. S. (1996). Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogykarta: Manthili.

Hadi, Y. S. (2016). Seni Pertunjukan dan Masyarakat Penonton. Yogyakarta: Cipta Media.

Hawkins, A. M. (2003). Bergerak Menurut Kata Hati Metoda Baru Dalam Menciptakan Tari. Jakarta: Ford Foundation dan Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Martono, H. (2012). Koreografi Lingkungan: Revitaisasi Gaya Pemanggungan dan Gaya Penciptaan Seniman Nusantara. Yogyakarta: Cipta Media.

Martono, H. (2012). Ruang pertunjukan dan Berkesenian. Yogyakarta: Cipta Media.

https://id.m.wikipedia.org

https://id.m.wikipedia.org

kbbi.web.id.

wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia bebas,id.wikipedia.org/wiki/bukit_Seguntang

www.indonesia kaya.com/jelajah-indonesia

Downloads

Published

2021-02-17

How to Cite

Rochayati, R., & Chairunisa, E. D. (2021). BUKIT SIGUNTANG DALAM PENGEMBANGAN KONSEP RUANG KOREOGRAFI LINGKUNGAN TARI. Jurnal Sitakara, 6(1), 13–26. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5284