APLIKASI SIBELIUS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENULIS NOTASI MUSIK BERMAS

Authors

  • Dedy Firmansyah Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Nugroho Notosutanto Arhon Dhony Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5285

Keywords:

Notasi Musik, Aplikasi Sibelius, Syair Bermas.

Abstract

Bermas merupakan sebuah syair yang dilantunkan tanpa menggunakan notasi musik sebagai pedoman atau acuan dalam menyelaraskan nada, oleh seseorang atau beberapa tokoh dengan diiringi musik yang ada di dalam pertunjukan teater dul muluk, disampaikan di awal pertunjukan dan diakhir pertunjukan sebagai salam pembuka dan salam penutup. Bermas juga merupakan salam penghormatan kepada penonton baik sebagai penanggap atau yang punya hajat juga kepada tamu undangan yang datang. Hal tersebut menarik untuk dilakukan penelitian karena belum terdapat notasi musik bermas dengan struktur yang lengkap. Tujuan penelitian agar lagu bermas dibuat notasi musiknya secara lengkap melalui media aplikasi Sibelius.

References

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Dhony, NNA. 2015. Struktur Pertunjukan Teater Dulmuluk Dalam Lakon Abdulmuluk Jauhari Di Palembang. Gelar Jurnal Seni Budaya ISI Surakarta. http://repository.isi-ska.ac.id/391/1/1631

Djamarah dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Firmansyah, Dedy. 2016. Bentuk dan Struktur Musik Kulintang pada Proses ArakArakan dalam Adat Pernikahan Suku Komering Di Oku Timur. Jurnal Besaung, Seni, Desain danBudaya.Palembang:UIGM.http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/Besaung/article/view/131.

Moleong, J Lexy. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rampan, Layun, Korrie. 2014. Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia

Modern. Bandung: Yrama Widia.

Stein, Leon, 1979. Structure and Style The Study andAnalysis of Musical Form. USA: Summy–Birchard Music Expand Edition New Jersey.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sibelius_(perangkat_lunak) diakses Juli 2019.

Downloads

Published

2021-02-17

How to Cite

Firmansyah, D., & Arhon Dhony, N. N. (2021). APLIKASI SIBELIUS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENULIS NOTASI MUSIK BERMAS. Jurnal Sitakara, 6(1), 27–39. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5285