PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (IOC) TERHADAP WRITING SKILL DALAM TEKS MENULIS DRAMA DI SMP SETIA NEGARA PALEMBANG

Authors

  • Sri Wahyu Indrawati Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Yuspar Uzer Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5288

Keywords:

Cerita Pendek, Inside-Outside-Circle (IOC)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan Pengaruh model pembelajaran IOC (inside-outside-circle) terhadap writing skill dalam teks drama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen model Posttest-Only Control Design dengan membagi sampel mejadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir yang berebentuk esay dengan satu soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus statistk uji-t. Berdasarkan tabel distribusi – t  dengan dk= + – 2 = 30+25-2= 53 dan a = 0,05, diidapat  =  3,38 dan  = 1,67412. Hal ini menunjukkan bahwa  ≥  atau 3,38 ≥1,67412. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa  ditolak dan  diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam Penerapan  model pembelajaran IOC (inside-outside-circle) terhadap writing skill dalam teks drama di SMP Setia Negara Palembang.

 

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta. Raja Grafindo.

Hassan, M. A., Suleiman, M. S., & Najib, N. M. 1990. Improvement of the in vitro dissolution characteristics of famotidine by inclusion in β-cyclodextrin. Int J. of pharmaceutics, 58(1), 19-24

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kosasi. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, I., & Berlin, S. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya. Kata Pena.

Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Pine, H, Stanley. (1988). Organic Chemistry. Penerjemah: Rohyati, Joedodibroto. Santi, W. Purbo, hadiwidjojo. Bandung: ITB.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Guru-Karyawan Penelitian Pemula. Bandung:

Alfabeta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suparno & Yunus, M. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta. Universitas Terbuka.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa

Tarigan, H. G. (2008). Menulis. Bandung: Angkasa.

Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yunus, S. d. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-02-17

How to Cite

Indrawati, S. W., & Uzer, Y. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (IOC) TERHADAP WRITING SKILL DALAM TEKS MENULIS DRAMA DI SMP SETIA NEGARA PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 6(1), 64–78. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5288