PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMPN 16 PALEMBANG

Authors

  • Wandiyo Wandiyo Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5291

Keywords:

Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama, Metode Speed Reading, Belajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMPN 16 Palembang. Berdasarkan pembatasan masalah di atas adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMPN 16 Palembang?. Hasil penelitian ini memperkuat pernyataan Johnson dan Pearson (dalam Zuchdi, 2008: 23-24) bahwa faktor yang berasal dari dalam diri dan faktor yang berasal dari luar pembaca dapat mempengaruhi terhadap kemampuan membaca pemahaman. Lebih lanjut, hasil penelitian ini juga selaras dengan pernyataan Paul D. Leedy (dalam Soedarso, 2005: 120-121) yang mengemukakan beberapa tujuan membaca pemahaman. Tujuan tersebut antara lain: untuk mengerti ide pokok, mampu memahami fakta dan detail khusus, meningkatkan kekayaan pengetahuan umum, dan mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi di dunia.

 

References

Abdurrahman, H. (1996). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta

Arikunto, S. S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta. Raja Grafindo.

Dewantara, D. &. (2015). Bahasa Indonesia Keilmuan. Undiksha Press.

Fuady, A., Sumarwati,. & Mulyono, S. (2012). Pembuatan peta semantik pada kegiatan prabaca untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa sekolah menengah. Journal Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. (1)

Hariyanto, S. &. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi . Yogyakarta: BPFE.

Madya, S. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan: Action Research. Bandung. Alfabeta.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.

(2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.

Slamet. (2009). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa. Jurnal Paedajogia, 118-129.

Soedarso. (2005). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan efektif. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Uzer, Y. (2016). Penerapan Teknik Quantum Speed Reading dalam Pengajaran Pemahaman Membaca. Wahana Didaktika.

Widyaningrum, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Contoh di Buku Halus dan Drill pada Peserta Didik Kelas I SDN Jajartunggal III Surabaya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Zuchdi, D. (2008). Strategi meningkatkan Kemampuan Membaca Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta. UNY Press.

Downloads

Published

2021-02-17

How to Cite

Wandiyo, W. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMPN 16 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 6(1), 100–111. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5291