PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMPN 16 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5291Keywords:
Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama, Metode Speed Reading, Belajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMPN 16 Palembang. Berdasarkan pembatasan masalah di atas adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMPN 16 Palembang?. Hasil penelitian ini memperkuat pernyataan Johnson dan Pearson (dalam Zuchdi, 2008: 23-24) bahwa faktor yang berasal dari dalam diri dan faktor yang berasal dari luar pembaca dapat mempengaruhi terhadap kemampuan membaca pemahaman. Lebih lanjut, hasil penelitian ini juga selaras dengan pernyataan Paul D. Leedy (dalam Soedarso, 2005: 120-121) yang mengemukakan beberapa tujuan membaca pemahaman. Tujuan tersebut antara lain: untuk mengerti ide pokok, mampu memahami fakta dan detail khusus, meningkatkan kekayaan pengetahuan umum, dan mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi di dunia.
Â
References
Abdurrahman, H. (1996). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta
Arikunto, S. S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta. Raja Grafindo.
Dewantara, D. &. (2015). Bahasa Indonesia Keilmuan. Undiksha Press.
Fuady, A., Sumarwati,. & Mulyono, S. (2012). Pembuatan peta semantik pada kegiatan prabaca untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa sekolah menengah. Journal Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. (1)
Hariyanto, S. &. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi . Yogyakarta: BPFE.
Madya, S. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan: Action Research. Bandung. Alfabeta.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
(2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Slamet. (2009). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa. Jurnal Paedajogia, 118-129.
Soedarso. (2005). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan efektif. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Uzer, Y. (2016). Penerapan Teknik Quantum Speed Reading dalam Pengajaran Pemahaman Membaca. Wahana Didaktika.
Widyaningrum, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Contoh di Buku Halus dan Drill pada Peserta Didik Kelas I SDN Jajartunggal III Surabaya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Zuchdi, D. (2008). Strategi meningkatkan Kemampuan Membaca Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta. UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Sitakara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Sitakara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Sitakara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Sitakara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Sitakara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Sitakara entitles the author(s) to no royalties or other fees.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .