PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP 1 JEKULO KUDUS PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • M.Panji Wahyu Mukti Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Lestari Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5292

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran Seni Budaya, Pandemi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran Seni Budaya di SMP 1 Jekulo Kudus di era pandemi Covid-19 yang meliputi penerapan model evaluasi dan kendala yang dihadapi dalam penerapan model evaluasi Seni Budaya. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif, dipergunakan untuk menggambarkan fenomena ataupun fakta di lapangan sesuai dengan apa adanya. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini ialah pendidik, orang tua dan peserta didik. Beberapa teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang dikumpulkan secara online, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model evaluasi pembelajaran Seni Budaya yang telah diterapkan diantaranya evaluasi berbasis portofolio dan berbasis praktik. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dalam penerapan model evaluasi alternatif itu terdapat beberapa kendala yang dihadapi yakni kurangnya antusias orang tua dan peserta didik, kekurangfahaman orang tua dalam penerapan model evaluasi, dan minimnya kerjasama guru dan orang tua.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Bilfaqih, Yusuf dan Qomarudin, M. Nur. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2 No. 1.

Kuntarto, Eko. 2017. Kefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature. Vol. 3 No. 1.

Latip, Asep Ediana. 2018. Evaluasi Pembelajaran di Tingkat Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pamadhi, Hajar. 2014. Seni Keterampilan Anak (Ruang Lingkup Seni Rupa Anak). Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Putro, Khamin Zarkasih. 2020. Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Jurnal Pendidikan. Vol. 1. No. 1.

Sugiarto, E., & Lestari, W. (2020). The collaboration of visual property and semarangan dance: A case study of student creativity in “Generation Z.†International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(12), 100–110.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparman, Atwi. 2015. Desain Pembelajaran Modern, Jakarta: Erlangga.

Syah Aji, Rizqon Halal. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya. Vol. 7, No. 5.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua. Vol. 5, No. 1.

Downloads

Published

2021-02-17

How to Cite

Wahyu Mukti, M., & Lestari, W. (2021). PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP 1 JEKULO KUDUS PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Sitakara, 6(1), 112–123. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5292