PEWARISAN TARI PIRING GELAS MUSI RAWAS BAGI PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Wike Wike Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Lestari Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6361

Keywords:

Tari Piring Gelas, Pewarisan Tari Piring Gelas, Penanaman Nilai Pendidikan Karakter.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengimplementasikan dan menemukan nilai-nilai pendidikan karakter pada tari Piring Gelas. Metode penelitian dengan metode kualitatif melalui pendekatan naratif. Hasil penelitian menunjukan tari Piring Gelas adalah tari tradisonal yang berada di Kabupaten Musi Rawas dengan Piring dan Gelas sebagai property yang digunakan untuk menginjak tumpukan piring dan gelas . Gerak tari Piring Gelas memiliki makna secara umum yaitu terdiri: 1) tentang rasa syukur terhadap Tuhan sang pencipta, 2) menghargai diri sendiri, 3) bersikap waspada dan penuh kehati--hatian, dan 4) kebaikan dan keburukan manusia. Proses pewarisan tari Piring Gelas berlangsung dengan sengaja maupun tidak sengaja serta proses pengalihan pengetahuan dan keterampilan menjadi pewarisan tari ini yang dapat diterapkan di sekolah, komunitas dan workshop.Tari Piring Gelas juga memiliki nilai pendidikan, nilai pendidikan yang dimiliki dalam tari Piring Gelas adalah 1) nilai religi, 2) nilai sopan santun, 3) nilai tanggung jawab, 4) nilai etika-etika, dan 5) nilai psikologi atau kepribadian.

References

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.

Herawati, E. N. (2015). Nilai-Nilai Karakter Yang Terkandung Dalam Dolanan Anak Pada Festival Dolanan Anak Se-Diy 2013. Imaji, 13(1),13–27. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4045

Juwita, D. T., Cahyono, A., & Jazuli, M. (2017). Nilai-nilai Piil Pesenggiri pada Tari Melinting di Desa Wana Lampung Timur. Journal of Arts Education, 6(1), 82–90.

Lestari, W. (2009). Internalisasi pengajaran seni tari pada sekolah lanjutan tingkat pertama. Jurnal Seni Tari, 7, 2–9.

Putri, R. P., Lestari, W., & Iswidayati, S. (2015). Relevansi Gerak Tari Bedaya Suryasumirat Sebagai Ekspresi Simbolik Wanita Jawa. Catharsis : Journal of Arts Education, 4(1), 1–7.

Sahid, N. (2016). SEMIOTIKA untuk Teater, Tari, Wayang Purwa, dan Film. In Tarling Sebagai Teater Daerah Indramayu Dalam Kajian Unsur-Unsur Penyajiannya (Issue 8). ISI Yogyakarta. http://www.jurnal.uii.ac.id/index.php/JEE/article/viewFile/4418/3906

Sidqo, A., Muljono, U., & Probosini, A. R. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Dariah. Jurnal Seni Tari, 1–15. http://digilib.isi.ac.id/4190/

Sukarman, & Lestari, W. (2015). Representasi Nilai-Nilai Tari Reyogturonggo Seto Di Desa Wonorejokecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 4(1), 65–71.

Tyas, G. P. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ragam Gerak Tari Srimpi Pandelori. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(2), 182–190. https://doi.org/10.31091/mudra.v33i2.329

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, November, 60–63. http://eprints.uad.ac.id/9629/

Wike. (2018). Deskripsi Konteks Isi Tari Piring Gelas Di Sanggar Silampari Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Sitakara, 82–91.

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Wike, W., & Lestari, W. (2021). PEWARISAN TARI PIRING GELAS MUSI RAWAS BAGI PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Sitakara, 6(2), 132–143. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6361